Timnas Indonesia

Pemain Keturunan Nathan Tjoe A-On Ikuti Jejak Jordi Amat Main di Swansea City



NOBARTV NEWS – Salah satu pemain keturunan Indonesia Nathan Tjoe-A-On baru-baru ini resmi bermain untuk klub EFL Championship Swansea City. Ia mengikuti jejak pemain keturunan Indonesia lainnya yaitu Jordi Amat ya juga diketahui pernah membela tim tersebut.

Seperti yang diketahui, baru-baru ini, publik sepak bola tanah air dikejutkan dengan kabar transfer beberapa pemain keturunan Indonesia di kancah sepak bola Eropa. Pertama, Tijjani Reijnders yang merupakan pemain keturunan Indonesia – tepatnya Maluku resmi bermain di kompetisi tertinggi (Serie-A) bersama AC Milan. Sebelumnya, Tijjani bermain untuk klub Belanda AZ Alkmaar.

Kedua, kita juga dibuat heboh dengan kepindahan kiper Sampdoria keturunan Lombok untuk bergabung dengan klub Serie-A lainnya Inter Milan. Ketiga – dan yang paling baru adalah Nathan Tjoe-A-On. Nathan yang merupakan pemain keturunan Semarang itu resmi berkarier di klub Inggris Swansea City.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Menariknya, Swansea sebelumnya pernah mendatangkan pemain keturunan Indonesia lainnya yaitu Jordi Amat. Amat saat itu pindah pada tahun 2013 dari klub La Liga Espanyol dengan nilai transfer 50,41 miliar rupiah. Bedanya, Swansea kala itu bermain di divisi utama atau English Premier League. Namun untuk saat ini, Swansea berada di divisi kedua Liga Inggris atau dikenal dengan nama EFL Championship. Hal yang cukup berbeda adalah Amat sekarang berstatus sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) sekaligus memperkuat skuad Garuda.

Nathan sendiri didatangkan dari klub Eredivisie (kasta tertinggi ) Excelsior. Bersama Swansea, ia dikontrak untuk jangka waktu tiga tahun ke depan dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun lagi.

Hadirnya Nathan tentunya diharapkan bisa membantu Swansea untuk promosi ke English Premier League musim depan. Sayangnya, karena Nathan baru didatangkan, maka pemain kelahiran 22 Desember 2001 ini belum sempat merasakan debutnya bersama klub barunya itu. Tanpa Nathan di dua laga awal EFL Championship musim ini, Swansea hanya mampu meraih satu kali kemenangan dan satu pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan. Walaupun demikian, Nathan diharapkan bisa tampil ketika Swansea menjamu Coventry City di Swansea.com Stadium dalam lanjutan pekan ketiga EFL Championship musim 2023-2024.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Mereka [Swansea City] sudah memantau saya dalam beberapa bulan belakangan ini. Dan, tiga minggu lalu, kami berbicara. Mereka harus negosiasi dengan klub saya hingga akhirnya terjadi kesepakatan,” ujar Nathan beberapa waktu lalu.

“Swansea City adalah klub besar dengan fasilitas mumpuni. Ini keputusan yang mudah untuk bergabung bersama mereka,” lanjutnya.

“Saya ingin menjadi pemain inti dan meningkatkan kemampuan saya. Saya juga ingin berjuang mengembalikan klub ini ke Premier League, tempat mereka seharusnya,” ungkapnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid