Timnas Indonesia

Frank Wormuth Turun Tangan Cari Pemain Diaspora Baru untuk Timnas Indonesia U-17



NOBARTV NEWS – Tidak hanya bertugas sebagai penasehat Bima Sakti di U-17, Frank Wormuth juga akan membantu sang pelatih mencari pemain keturunan baru untuk skuad Garuda Asia.

Seperti yang diketahui, Frank Wormuth belum lama ini tiba di Indonesia. Eks pelatih Timnas Jerman U-20 itu sengaja didatangkan ke tanah air guna membantu Bima Sakti dalam mempersiapkan skuadnya jelang tampil di even akbar 2023.

Ya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Bima Sakti beberapa waktu lalu ditunjuk sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia U-17 untuk mengarungi even Piala Dunia U-17 2023. Di even tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, tak lama setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti, PSSI dalam konferensi persnya saat itu meminta Bima Sakti sebagai nahkodanya.

Begitu dipilih, Bima diberikan opsi terkait siapa yang akan menemaninya dalam membentuk skuad Garuda Asia. Apakah Indra Sjafri (pelatih Timnas Indonesia U-20 sekaligus Direktur Teknik), Shin Tae-yong (pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23), atau sosok khusus yang akan didatangkan dari luar negeri.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Tanpa pikir panjang, Bima memilih ketiga nama tersebut sebagai pendampingnya. Namun khusus untuk nama terakhir yang ternyata sosok itu adalah Frank Wormuth, ia diminta PSSI sebagai pendamping penuh Bima Sakti selama empat bulan. Empat bulan merujuk kepada masa kontrak Frank bersama Timnas Indonesia. Di mana – empat bulan tersebut juga sesuai dengan waktu berakhirnya even Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang.

Begitu tiba di Indonesia, Frank beberapa kali menyaksikan pertandingan uji coba skuad Garuda Asia. Seperti melawan Barcelona Juvenil, Kashima Antlers U-18, dan terbaru Persis Solo U-17. Dalam serangkaian uji coba tersebut, Frank kerap memberikan masukan-masukan kepada sang pelatih Bima Sakti. Tak hanya itu saja, baru-baru ini, disebutkan bahwa Frank akan ikut membantu Bima mencari pemain keturunan atau diaspora. Hal tersebut diutarakan Bima Sakti di tengah-tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Solo.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Rencananya kami akan melihat lagi pemain-pemain diaspora lainnya sesuai dengan kebutuhan tim. Kami juga akan melihat video-video mereka,” kata Bima Sakti saat ditemui awak media di Stadion Sriwedari, Solo.

“Kami juga bersyukur karena kami mendapat bantuan dari Frank Wormuth. Frank nantinya juga akan melihat langsung para pemain tersebut. Ini akan menjadi lebih baik,” ucapnya menambahkan.

“Beliau sudah melihat perkembangan kami selama dua minggu berada di Indonesia. Dia melihat bagaimana tim kita, kekurangannya apa, apa saja yang harus dibenahi, dan apa saja kelebihannya.”

“Nanti Frank akan melihat pemain-pemain diaspora yang masih berada di luar negeri. Dia akan melihat langsung, jika ada pemain dianggap sesuai dengan kebutuhan Timnas U-17, dia akan memberikan rekomendasi kepada kita,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment