Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tantang Suporter Indonesia untuk Nonton di Stadion



NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong menantang para suporter untuk membanjiri GBK di laga skuad Garuda kontra Brunei Darussalam dalam 2026 Kamis malam (12/10) mendatang.

Diketahui, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta akan kembali menggelar laga akbar bertajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebelumnya, terakhir kali stadion ini digunakan oleh Timnas senior adalah ketika Marc Anthony Klok dkk menjamu Argentina di ajang FIFA Matchday Juni lalu.

Di laga versus Argentina kala itu, skuad Garuda menelan kekalahan dengan skor akhir 0-2. Dua gol La Albiceleste dicetak oleh Cristian Romero dan Leandro Paredes. Meskipun saat itu anak asuh Shin Tae-yong tersebut menelan kekalahan, namun penampilan mereka diacungi jempol oleh banyak orang. Kehadiran suporter yang waktu itu memerahkan stadion menjadi sorotan banyak orang.

Kekompakan suporter Timnas Indonesia dengan mendukung negaranya mendapat perhatian media luar negeri. Pasalnya, biasanya ketika sebuah tim atau klub besar melakukan laga tandang ke suatu negara dengan iklim sepakbola yang tak sebaik tim tamu, suporter tuan rumah kadang lebih mendukung tamunya tersebut. Namun di laga Indonesia vs Argentina tidak demikian. Walaupun Argentina berstatus sebagai juara dunia, namun suporter Timnas Indonesia kompak untuk mendukung perjuangan skuad Garuda.

Oleh sebab itu, ketika Timnas Indonesia kembali bermain di GBK di waktu dekat ini, Shin Tae-yong selaku pelatih menginginkan momen saat itu terulang lagi. Shin menantang para suporter Timnas Indonesia untuk datang dan mendukung perjuangan skuad Garuda.

Terlebih, pertandingan antara Indonesia versus Brunei kali ini cukup penting bagi masa depan skuad Garuda. Laga kontra Brunei di Stadion Gelora Bung Karno adalah laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berikutnya, skuad Garuda akan kembali bermain di kandang Brunei pada leg kedua. Pemenang di laga ini akan melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F dan melawan Timnas Irak, Vietnam, dan Filipina.

Oleh sebab itu, sadar akan laga ini cukup penting, Shin pun meminta kehadiran para suporter.

“Pastinya banyak yang penasaran permainan kami akan seperti apa. Mungkin bisa nonton langsung nanti tanggal 12 di stadion,” kata Shin Tae-yong di tengah-tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia Senin kemarin.

Lebih lanjut, di laga leg pertama ini, pelatih asal Korea Selatan itu mengincar banyak gol – agar di leg kedua nanti anak asuhnya bisa tampil lebih rileks dari biasanya.

“Leg pertama laga home. Jadi, bagaimana pun caranya, kami akan maksimalkan mencetak gol. Dengan begitu, tim berangkat ke Brunei (untuk laga kedua) dengan serileks mungkin,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid