Timnas Indonesia

STY Diberi Target Tidak Hanya di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong dituntut untuk menjuarai 2022. Namun bukan itu saja, pelatih asal Korea Selatan itu juga diberikan target ketika membesut anak asuhnya di even lainnya seperti Piala Asia U-20, , Piala Asia 2023, SEA Games 2022, hingga .

Namun untuk target paling dekat, PSSI jelas meminta STY membawa sebagai juara Piala AFF 2022. Di edisi sebelumnya (2020), Shin hampir saja membawa skuad Garuda juara di even perdana yang ia ikuti itu. Sayang, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu gagal merengkuhnya setelah Evan Dimas dkk tumbang atas Timnas Thailand.

Di babak final itu, Thailand menumpas perlawanan anak asuh Shin Tae-yong dengan skor agregat 6-2. Kekalahan itu begitu menyakitkan karena sepanjang babak grup hingga babak semifinal, skuad Garuda Indonesia tampil mengejutkan meski hanya berkekuatan pemain muda.

Anak asuh STY itu mengalahkan Kamboja 4-2, lalu memporak-porandakan Laos 5-1, bermain imbang dengan Vietnam 0-0, dan di matchday terakhir mempermalukan tim tetangga Malaysia 4-1.

Performa apik itu berlanjut hingga babak semifinal. Di fase gugur itu, Fachruddin Aryanto dkk melumat Timnas Singapura dengan skor agregat 5-3. Sayang, seperti yang disebutkan tadi, Indonesia gagal di babak final atas Thailand.

Atas kegagalannya di edisi tersebut (Piala AFF 2020), PSSI pun memberikan Shin Tae-yong target mutlak di edisi kali ini. STY wajib hukumnya membawa skuad Garuda menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya.

Kata Ketum PSSI, selain di Piala AFF 2022 ini, ia memberikan target lain kepada Shin Tae-yong. Iriawan memang tidak merincikan target seperti apa yang dimaksud. Hanya saja, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu hanya menyebut ‘terbaik' sebagai target STY ketika menangani anak asuhnya di even-even tersebut.

Kalimat Iriawan cukup mudah untuk dipahami. Kita bisa melihat dari even apa yang mereka ikuti. Seperti Piala Dunia U-20, tentu juara bukanlah target yang dituntut PSSI. Termasuk ketika skuad Timnas senior berlaga di Piala Asia 2023. Skuad Garuda Indonesia hanya diminta untuk tampil baik dan menunjukkan progres yang positif.

Namun untuk Piala AFF 2022 dan SEA Games 2023, kata ‘terbaik' yang diutarakan PSSI jelas yang dimaksud adalah juara.

“Banyak sekali memang agenda sampai tahun depan, termasuk SEA Games juga kan nanti ada. Piala Asia juga. Yang jelas target saya selaku ketum dan juga masyarakat Indonesia harapannya terbaik ya,” kata Iriawan.

“Kami akan persembahkan kepada negara maupun kepada rakyat, untuk semua event kita akan berikan yang terbaik dan untuk bisa mencapai posisi puncak. Itu yang saya inginkan dari Shin Tae-yong,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

71 Comments