Timnas Indonesia

Indra Sjafri Beberkan Kriteria Punggawa Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 Indra Sjafri mengungkapkan kriteria pemain yang dicari dalam seleksi pemain Timnas U17.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk even 2023. Dikarenakan hak sebagai tuan rumah itu sudah didapatkan Indonesia, maka skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) dipastikan sudah lolos ke putaran final tanpa mengikuti babak kualifikasi tersebut dahulu.

Awalnya, Indonesia bukanlah berstatus sebagai tuan rumah. Namun dikarenakan Peru dinyatakan batal sebagai tuan rumah akibat krisis ekonomi dan bencana alam, maka negara asal Amerika Latin itu pun menarik diri dari keikutsertaannya. Oleh karena itu, FIFA pada Jumat 23 Juni kemarin resmi memilih Indonesia sebagai penggantinya.

Begitu terpilih sebagai tuan rumah, PSSI langsung melakukan konferensi pers dengan menunjuk Bima Sakti sebagai nakhoda. Awalnya, banyak orang meragukan kualitas Bima karena Piala Dunia U-17 bukanlah turnamen sembarangan. Walaupun dirinya pada tahun lalu berhasil membawa skuad Garuda Asia menjuarai even U-16 2022, namun torehan tersebut belum bisa menjamin dirinya layak sebagai nahkoda di Piala Dunia U-17. Bahkan, beberapa kalangan lebih condong untuk melihat Timnas Indonesia U-17 dilatih oleh Shin Tae-yong atau Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun meskipun demikian, PSSI tentu memiliki alasannya tersendiri. PSSI juga tidak akan membuat Bima Sakti sendiri. Bima akan ditemani oleh dua seniornya yakni Shin Tae-yong serta Indra Sjafri dalam proses seleksi. Bahkan, Dennis Wise juga turut menemaninya.

Kabarnya, selain tiga nama di atas, PSSI saat ini sedang menjalanin komunikasi dengan Direktur Teknik PSSI yang baru. Dirtek PSSI yang baru tersebut berasal dari Jerman. Nantinya, setelah tiba di Indonesia, Dirtek baru itu akan diminta untuk membimbing Bima Sakti dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Adapun terkait pemain yang dipersiapkan, beberapa waktu lalu PSSI mengumumkan daftar 34 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan. Selain itu, PSSI juga menggelar seleksi di 12 kota berbeda. Dalam proses seleksi di Bali (15/07) beberapa waktu lalu, turut hadir pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri.

Di kesempatan itu, Indra membocorkan kriteria pemain yang dicarinya.

“Alhamdulillah hari ini, hari pertama kita melakukan seleksi di Bali. Mereka ini adalah pemain-pemain asli dari Bali, tapi bukan hanya itu, tadi saya terkejut melihat ada yang dari Jember, Jawa Timur, dan lain sebagainya. Kita menghargai semua pemain yang hadir, apapun itu kualitasnya, memang kita mencari pemain untuk timnas yang sudah siap,” buka Indra Sjafri.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Indra menyebut ada beberapa kriteria pemain yang dicarinya di Timnas Indonesia U-17. Pertama, kata Indra adalah pemain yang benar-benar bisa dipakai.

“Pertama, mencari pemain-pemain yang benar-benar bisa dipakai untuk tim nasional. Kedua, pemain-pemain yang masih harus dibina dan kami rekomendasikan nanti ke klub, yang bisa, ambil, silahkan dibina di klub,” terang Indra.

“Kami melihat disini hanya visual, belum ada tes fisik, belum ada psikotes, ataupun test IQ. Tapi kita lebih melihat bagaimana individual taktikal, group taktikal, team taktikal, kapan dia harus dribbling, passing,” ujarnya menambahkan.

“Bagaimana dia bermain dalam grup (kiper dengan empat pemain belakang, bagaimana dia melakukan kerjasama), bagaimana dia bermain team taktikal (bagaimana dia menyerang, bertahan, transisi positif negatif), dari sini nanti kita panggil untuk seleksi lanjutan di TC tim U-17 Bima Sakti. Kita melihat yang terbaik disini,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment