Kualifikasi Piala Asia 2023

Cerita Arkhan Kaka di Balik Selebrasi Mirip Bambang Pamungkas



NOBARTV NEWS – Arkhan Kaka kembali menunjukkan tajinya dalam matchday kedua Vs UEA U-17 pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sebelumnya, pemain nomor punggung 8 itu mencetak quat-trick ke gawang Guam. Dan semalam, ia membuat brace untuk kemenangan Garuda Asia. Menariknya, di kedua gol yang ia ciptakan, Kaka berselebrasi layaknya selebrasi yang sering dilakukan eks pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas.

Kaka bukanlah nama baru di skuad muda Timnas Indonesia. Di U-16 2022 kemarin, Kaka menjadi salah satu bagian skuad Garuda Asia yang turut membawa Timnas Indonesia memenangkan gelar kedua kalinya. Di event tersebut, Kaka sukses mencetak 2 gol.

Jadi, bukan hal yang cukup mengejutkan ketika Bima Sakti selaku pelatih Timnas U-17 kembali memasukkannya dalam skuad Garuda Asia di babak kualifikasi ini. Di laga perdana kontra Guam beberapa hari lalu, Kaka sukses mencetak 4 dari total 14 gol yang dikemas skuad Timnas Indonesia.

Adapun di laga semalam, ia menjadi pencetak gol terakhir sekaligus penentu kemenangan Timnas Indonesia U-17. Berkat gol kemenangan yang ia ciptakan, Timnas U-17 sukses menggusur UEA U-17 dari puncak klasemen sementara grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Dalam dua gol yang ciptakan semalam, Kaka melakukan selebrasi khas yang sering dilakukan oleh eks pemain Timnas Indonesia dan Persija Jakarta Bambang Pamungkas. Hal itu pun membuat para penikmat sepakbola bertanya-tanya apa maksud dari selebrasi yang ia lakukan.

“Alhamdulillah, tadi pertandingan tensi tinggi dan alhamdulullah diberi kemenangan,” ujar Kaka di sesi konferensi pers usai laga.

“Dan kita siap untuk pertandingan selanjutnya. Ini bukan akhir karena fokus kita adalah lolos Piala Asia. Target cetak gol nggak ada ya, yang utama adalah tim, menang dan lolos Piala Asia,” ujarnya menambahkan.

Terkait selebrasi yang ia lakukan, Arkhan Kaka memberikan jawabannya.

“Untuk selebrasi tadi, saya spontan saja.”

“Reflek saja, soalnya Bambang Pamungkas juga tandem ayah saya dulu di timnas U-19 Indonesia.”

“Saya menghargai beliau,” timpalnya lagi.

Ayah Arkhan, Purwanto Suwondo merupakan eks pemain Timnas Indonesia yang pernah berlaga di dua event SEA Games pada tahun 2001 dan 2003. Sama-sama berposisi sebagai striker, Purwanto merupakan rekan duet Bambang Pamungkas di jamannya dulu. Maka daripada itu, sebagai bentuk dan rasa hormatnya, ia melakukan selebrasi ala Bambang Pamungkas.

Adapun terkait kemenangan yang ditorehkan oleh anak asuhnya, Bima Sakti merasa bangga dan bahagia.

“Alhamdulillah, seperti pertandingan pertama kemenangan nini kami persembahkan untuk saudara-sudara kita yang terkena musibah di kanjuruhan, semoga ini menjadi kebangkitan sepakbola kita,” ujarnya.

Bima berharap kemenangan semalam dijadikan momentum untuk kemajuan dan kebangkitan sepakbola Indonesia – terutama agar semua suporter bisa bersatu.

“Dan harapan kami pemain, pelatih dan ofisial juga jadi momentum semua suporter untuk bersatu. Mari kita bangkitkan sepakbola Indonesia bersama sama,” ujarnya menambahkan.

“Kita masih ada dua pertandindingan lagi dan ini berat. Saya sudah bilang ke pemain untuk mengurangi kesalahan terutama saat defense dan kordinasi,” tutup Bima.

Dua laga berikutnya, Iqbal Gwijangge dkk akan berhadapan dengan Timnas Palestina dan akan menantang Timnas Malaysia di laga pamungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments