Timnas Indonesia

Persiapan Piala Asia 2023, Skuad Garuda Tantang Timnas Libya dalam 2 Laga Uji Coba

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Timnas Libya dipastikan akan menjadi lawan skuad Garuda sebagai persiapannya jelang tampil di ajang Piala Asia 2023. Marc Anthony Klok dkk akan berduel dengan sang lawan dalam dua laga uji coba.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Exco PSSI Sumardji memastikan kalau akan melakukan persiapannya dengan melakukan pemusatan latihan jelang Piala Asia 2023. Katanya, anak asuh Shin Tae-yong itu akan melakukan pemusatan latihan selama beberapa minggu di negara Eropa yakni Turki. Pemusatan latihan tersebut akan dilangsungkan sejak akhir bulan Desember hingga awal bulan Januari.

Tak hanya sekadar pemusatan latihan saja, namun mereka juga akan melakoni beberapa laga uji coba. Kala itu, disebutkan kalau skuad Timnas Indonesia akan bertemu dengan Timnas Iran dalam salah satu uji coba tersebut. Hal itu juga diiyakan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto pada Oktober lalu.

“Sebelum Piala Asia kita memang merencanakan ada uji coba. Iran menjadi salah satu lawan yang kita rencanakan,” kata Nova Arianto.

“Tetapi kita lihat perkembangan dari PSSI apakah kita jadi lawan Iran atau tidak nanti saat persiapan di Qatar,” ujarnya menambahkan.

Namun sayangnya, pada hari Senin kemarin (4/12), rencana uji coba melawan tim asal timur tengah itu dipastikan batal. Sebagai gantinya, skuad Garuda akan berhadapan dengan Timnas Libya. Laga melawan Libya akan berlangsung sebanyak dua kali di lokasi yang sama (Turki). Jadi, dua laga uji coba ini akan digelar di tengah-tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia di sana.

“Sudah (ada lawan uji coba). (Menghadapi) Libya. Dua kali,” terang Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Sumardji.

Lebih lanjut, kata Sumardji lagi, rombongan pelatih dan skuad Timnas Indonesia akan berangkat ke Turki pada tanggal 20 Desember mendatang. Pria yang juga anggota Exco PSSI itu optimis dengan uji coba serta pemusatan latihan di Turki ini membawa hasil positif bagi Timnas Indonesia di Piala Asia nanti.

Persiapan Piala Asia 2023, Skuad Garuda Tantang Timnas Libya dalam 2 Laga Uji Coba
Starting line up Timnas Indonesia di 2026 beberapa waktu lalu

“Jadi Piala Asia itu kita akan mulai pemusatan latihan tanggal 20 (Desember), langsung ke Turki. Jadi saya yakin. Optimis bisa dapat (hasil positif),” ujarnya memungkasi.

Di Piala Asia 2023 ini sendiri Timnas Indonesia tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Vietnam, dan Jepang. Menariknya, salah satu lawan skuad Garuda yakni Irak sudah pernah dihadapinya beberapa waktu lalu di ajang berbeda yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dalam laga yang dihelat di Basra International Stadium itu, Rafael Struick dkk dibantai dengan skor telak 5-1.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023:

15 Januari 2024

  • Timnas Indonesia vs Irak
  • Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan
  • Kick-off: 17.30 waktu setempat/21.30 WIB

19 Januari 2024

  • Vietnam vs Timnas Indonesia
  • Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
  • Kick-off: 17.30 waktu setempat/21.30 WIB

24 Januari 2024

  • Jepang vs Timnas Indonesia
  • Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan
  • Kick-off: 14.30 waktu setempat/18.30 WIB

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid