Timnas Indonesia

Indonesia dan 10 Tim Lain Masuk Pot Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Dalam drawing Kualifikasi nanti, Indonesia akan menempati pot tuan rumah. Jadi, anak asuh Indra Sjafri itu tidak tergabung di pot 1, 2, 3, atau 4.

Sebagaimana diketahui, usai menjuarai even SEA Games 2023, skuad Garuda pimpinan Indra Sjafri akan kembali beraksi dalam even yang jauh lebih penting. Dijadwalkan, dalam waktu dekat ini, Indra Sjafri akan memimpin anak asuhnya dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 4 sampai 12 September 2023.

Namun sebelum babak kualifikasi tersebut dimulai, AFC lewat laman resminya sudah mengumumkan pembagian pot untuk laga tersebut. Diketahui, jumlah tim yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-23 yaitu 43 tim. Untuk drawing di even ini, AFC sudah memutuskan 11 dari 43 tim akan bertindak sebagai tuan rumah. Dengan demikian, 11 tim tersebut tidak masuk ke dalam pot 1 yang biasanya diisi oleh tim-tim unggulan. Tidak juga masuk ke pot 2, 3, dan 4.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Salah satu dari 11 tim tuan rumah tersebut adalah . Selain Indonesia, 10 negara lainnya adalah Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

AFC sendiri dalam pembagian pot tersebut mengambil acuannya pada turnamen edisi sebelumnya. Sejatinya, Indonesia menempati pot 4 karena di edisi sebelumnya skuad Indonesia tidak lolos ke even tersebut. Hanya saja, karena bertindak sebagai tuan rumah, maka anak asuh Indra Sjafri itu menempati posisi khusus seperti 10 negara yang disebutkan tadi.

Jumlah grup untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 ini ada 11 atau dari grup A sampai K. Setiap grup akan diisi oleh satu tim tuan rumah. Jumlah keseluruhan tim untuk setiap grup ada 4 negara kecuali satu grup yang nantinya hanya berjumlahkan 3 tim saja.

Tim yang di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti finis sebagai juara grup dipastikan lolos ke putaran final (Piala Asia U-23 2024) yang akan digelar di Qatar. Mereka akan ditemani oleh empat runner-up terbaik yang dinilai dari poin dan selisih gol yang didapatkannya. Jadi, di Piala Asia U-23 nanti, jumlah tim yang akan bermain adalah 15 tim ditambah dengan satu slot yang akan diisi oleh Qatar selaku tuan rumah.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Semua pertandingan yang melibatkan Qatar akan dianggap sebagai pertandingan persahabatan dan tidak diperhitungkan saat menghitung peringkat akhir grup,” tulis AFC dalam laman resminya.

Berikut Pot Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Pot 1: Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab

Pot 2: Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Republik Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor-Leste, Taiwan, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, China, Maladewa, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Utara, Guam, Makau, Pakistan, Qatar

Pot Tuan Rumah: Bahrain, China, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, Vietnam

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment