Piala Dunia 2022

Flashback Piala Dunia: Cerita Luis Suarez Jadi “Kiper” Uruguay Hingga Gigit Lawan di Gelaran Piala Dunia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Flashback Piala Dunia kali ini mengangkat cerita tentang ujung tombak Uruguay yang masih aktif bermain hingga kini, adalah Luis Suarez mantan pemain Barcelona dan Atletico Madrid itu akan selalu di kenang akibat Insiden Kontroversial di dua gelaran berbeda Piala Dunia.

Entah di sengaja atau tidak, namun tindakan Luis Suarez pada dua gelaran Piala Dunia kala itu jelas cukup menggelitik para penikmat sepak bola Dunia.

Kontroversi pertama sang pemain lakukan di gelaran Piala Dunia Afrika 2010, kala itu aksi dramatisnya menjadi “kiper” Uruguay berbuah kartu Merah bagi sang pemain, namun secara tidak langsung tindakan yang dilakukannya justru menyingkirkan Ghana dari turnamen tersebut.

Di edisi Piala Dunia berikutnya, tepatnya Piala Dunia Brasil 2014 lagi-lagi Luis Suarez berulah dan aksinya sedikit menggelitik dimana ia tertangkap kamera menggigit pundak pemain Italia Giorgio Chiellini yang membuat kejadian itu viral di seluruh dunia dan meme Suarez sebagai “Drakula” pun bertebaran di dunia maya.

Berikut kami hadirkan untuk anda informasi lengkap seputar dua kontroversi yang di lakukan Luis Suarez pada dua edisi Piala Dunia beberapa tahun silam.

Luis Suarez jadi “Kiper” Uruguay yang berujung tersingkirnya Ghana

Flashback Piala Dunia: Cerita Luis Suarez Jadi "Kiper" Uruguay Hingga Gigit Lawan di Gelaran Piala Dunia
Luis Suarez Terlihat Melakukan Hans Ball di pertandingan melawan Ghana.

Tim Nasional Ghana sepertinya tak akan melupakan momen di mana mereka harus tersingkir secara dramatis kala bermain di benua sendiri dalam gelaran Piala Dunia 2010, adalah Uruguay yang menjadi penjegalnya dan Luis Suarez sebagai aktor utama di balik kegagalan timnas Ghana kala itu.

Striker Uruguay, Luis Suarez dinilai menjadi tokoh antagonis yang mengubur impian Ghana menjadi negara Afrika pertama untuk bisa mencapai semifinal pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Dalam pertandingan kedua tim bermain cukup alot, drama terjadi ketika Suarez sengaja menggunakan tangan supaya bola sundulan pemain Ghana Dominic Adiyiah tidak gol di menit akhir perpanjangan waktu.

Dari tayangan ulang wasit akhirnya mengganjal karu merah kepada Suarez, kemudian menunjuk titik penalti sebagai sanksi dari aksi tak terpuji tersebut.

Dalam perjalanan ke bench pemain Suarez terus memperhatikan proses penalti yang akan di lakukan pemain Ghana.

Ia kemudian terlihat melompat kegirangan, pasalnya pemain Ghana Asamoah Gyan gagal mencetak gol dari titik penalti, laga pun berlanjut dan Ghana harus menyerah kalah dari Uruguay di babak tos-tosan.

Luis Suarez Kembali Berulah di Piala Dunia 2014

Flashback Piala Dunia: Cerita Luis Suarez Jadi "Kiper" Uruguay Hingga Gigit Lawan di Gelaran Piala Dunia
Luis Suarez tertangkap kamera menggigit pundak pemain Italia Giorgio Chiellini

Empat tahun kemudian atau di Piala Dunia 2014 Brasil, Luis Suarez kembali melakukan tindakan kontroversial. Dia secara sengaja menggigit pundak pemain Italia Giorgio Chiellini yang membuat kejadian itu viral di seluruh dunia.

Insiden Suarez menggigit pundak Chiellini terjadi pada laga Grup D Piala Dunia 2014. Saat itu, Suarez membela timnas Uruguay sedangkan Chiellini berada di kubu Italia. Saat kedudukan imbang tanpa gol pada menit ke-78, Suarez dengan sengaja menggigit pundak Chiellini ketika menunggu umpan di kotak penalti Italia.

Suarez dan Chiellini langsung terjatuh seusai insiden tersebut. Chiellini yang tidak terima dengan perilaku Suarez langsung protes ke wasit sambil menunjukkan luka gigitan di pundaknya.

Meski mendapat protes dari Chiellini dan pemain Italia lainnya, wasit memilih tidak memberi hukuman kartu terhadap Suarez. Italia yang saat itu sudah bermain 10 orang sejak menit ke-59 pada akhirnya kalah 0-1 dan gagal lolos ke fase gugur.

Ada-ada saja hal menarik yang terjadi di edisi Piala Dunia sebelumnya, semoga di edisi kali ini tak ada kejadian serupa yang dapat menggelitik reaksi penonton dunia.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola