Timnas Indonesia

Indra Sjafri Beberkan Resep Sukses Skuad Garuda Tampil Impresif di SEA Games 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Indra Sjafri membeberkan resep penampilan impresif anak asuhnya selama tampil di fase grup SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, di SEA Games 2023, skuad U-22 tergabung dengan empat negara lainnya. Empat negara tersebut adalah Timnas Kamboja U-22, Timnas Myanmar U-22, Timnas Timor-Leste U-22, dan Timnas Filipina U-22.

Saat ini, seluruh laga di fase grup sudah selesai dimainkan. Timnas Indonesia U-22 juga sudah menyelesaikan empat pertandingan di fase tersebut. Dalam empat laga yang dimainkan Fajar Fathurrahman dkk itu, mereka sukses membungkam seluruh lawan-lawannya. Bahkan, gawang Timnas Indonesia U-22 hanya dibobol sebanyak 1 kali dari empat pertandingan tersebut. Kemenangan-kemenangan itu juga kian terasa sempurna karena mereka total mencetak 13 gol.

13 gol itu dihasilkan masing-masing ke gawang Timnas Filipina U-22 (3 gol), lalu Timnas Myanmar U-22 (5 gol), dilanjutkan ke gawang Timnas Timor Leste U-22 (3 gol) dan terakhir ke gawang tuan rumah Kamboja U-22 (2 gol).

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 dipastikan lolos ke babak semifinal. Timnas Myanmar U-22 yang sempat dibantai oleh Marselino Ferdinan dkk turut menemani skuad Garuda. Dan di babak semifinal nanti, Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan akan berjumpa dengan Timnas Vietnam U-22 selaku runner-up grup B. Sedangkan Timnas Myanmar U-22 akan berhadapan dengan Timnas Thailand U-22 (juara grup B). Sebetulnya, poin yang didapatkan Timnas Thailand U-22 dan Timnas Vietnam U-22 adalah sama (10 poin). Akan tetapi, Thailand unggul selisih gol sehingga mereka berhak untuk mengunci posisi pertama untuk grup B.

Mengenai penampilan impresif anak asuhnya itu, Indra Sjafri membeberkan resepnya. Kata Indra, sejak awal dimulainya SEA Games 2023 ini, ia tidak membebankan target kepada para anak asuhnya.

“Itu yang kami bentuk mulai dari awal terutama saat kita masuk di fase grup. Semua pemain tidak kita bebankan dengan target-target,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Daripada membebani mereka dengan target, Indra justru hanya meminta kepada mereka untuk bermain sebaik mungkin dan enjoy.

“Tapi bagaimana dia bisa bermain sebaik mungkin dan enjoy bermain. Dan itu terlihat dari penampilan mereka,” pungkas Indra yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Di SEA Games tahun ini, skuad Garuda ditargetkan untuk meraih medali emas. Terakhir kali Timnas Indonesia meraih prestasi tersebut adalah pada tahun 1991. Berarti, sudah lebih dari 30 tahun skuad Garuda menanti gelar tersebut kembali pulang ke tanah air. Pelatih Indra Sjafri pada tahun 2019 lalu hampir membawa pulang gelar tersebut. Sayangnya, di babak final melawan Timnas Vietnam, Evan Dimas Darmono dkk dikalahkan dengan skor telak 3-0.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid