Intermezzo

Peperangan Masih Bergejolak, Erick Thohir Tawari Palestina Tanding di Indonesia dengan Uang Pribadi



NOBARTV NEWS – Peperangan antara Palestina (Hamas) dengan tentara Israel masih bergejolak sampai saat ini. Akibatnya, hal itu berpengaruh pada persiapan Palestina di 2026. Erick Thohir berinisiatif mengajak Palestina tanding di Indonesia dengan uang pribadinya.

Seperti yang diketahui, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah berjalan sejak bulan Oktober kemarin. Saat itu, beberapa pertandingan di ronde pertama sudah dilakukan. Salah satu tim yang memulai babak kualifikasi dari ronde pertama tersebut adalah .

Di ronde pertama ini, skuad Garuda berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam. Dalam pertandingan yang berlangsung dua leg, anak asuh Shin Tae-yong itu berhasil menang dengan skor agregat 12-0. Enam gol dilesakkan di leg pertama dan enam gol lagi di leg kedua.

Kemenangan meyakinkan itu membawa Timnas Indonesia melangkah ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua. Di ronde kedua ini, skuad Garuda tergabung dalam grup F bersama Timnas Irak, Timnas Filipina, dan Timnas Vietnam.

Dan rencananya, untuk pelaksanaan ronde atau putaran kedua tersebut digelar pada bulan November ini. Jadi, akan ada 36 negara yang tergabung dalam 9 grup (A-I) – yang akan bermain di ronde kedua. Salah satunya – seperti yang disebutkan di atas adalah Timnas Indonesia.

Untuk skuad Garuda, Marc Anthony Klok dkk dijadwalkan akan melakukan dua laga tandang melawan Timnas Irak dan Filipina. Hal ini sejatinya adalah sesuatu yang normal saja. Namun tidak dengan kontestan asal timur tengah yakni Palestina.

Peperangan Masih Bergejolak, Erick Thohir Tawari Palestina Tanding di Indonesia dengan Uang Pribadi
Timnas Palestina sebelum pertandingan

Diketahui, Palestina tergabung dalam grup I Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Timnas Australia, Bangladesh, dan Lebanon. Dijadwalkan, skuad Palestina akan menjamu Australia di grup I itu. Namun di saat yang bersamaan, saat ini – Palestina sedang dilanda musibah yakni peperangan yang terjadi antara pejuang mereka (Hamas) dengan tentara Israel. Akibatnya, kondisi tersebut membuat Palestina tak mungkin menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Didasari hal tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berinisiatif untuk memberikan tawaran kepada Federasi Sepakbola Palestina untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah mereka. Tawaran tersebut juga sudah disampaikan oleh Sekjen PSSI atas perintah Erick Thohir kepada PFA.

“Kami menawarkan Indonesia sebagai kandang bagi Palestina saat mereka memainkan laga kandang kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia bulan ini. Kandang kami, kandang Palestina juga,” tulis Erick Thohir di media sosialnya.

Sementara itu, salinan surat tawaran dari Erick juga tersebar di berbagai media sosial. Dalam surat tersebut, Erick atas nama pribadi disebut bersedia untuk merogoh koceknya untuk membantu Timnas Palestina dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

“Sehubungan dengan hal yang terjadi di Palestina saat ini, kami dengan rendah hati menawarkan Tim Nasional Palestina untuk bertanding melawan Australia pada tanggal 21 November di Indonesia untuk Penyisihan Kualifikasi Bersama Putaran 2,” tulis surat dari PSSI.

“Bapak Erick Thohir, Presiden Federasi, akan memfasilitasi timnas Palestina di bidang akomodasi, transportasi darat dan juga stadion untuk pertandingan tersebut dengan biaya sendiri,” tutup surat tersebut.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid