Timnas Indonesia

Media Korea Klaim PSSI Tawarkan Park Hang-seo untuk Gantikan STY di Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sebuah media asal Korea Selatan membuat berita yang sangat menghebohkan. Media tersebut menyebut PSSI sudah melepas tawaran kepada Park Hang-seo untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong di .

Seperti yang diketahui, kontrak Shin Tae-yong sejatinya akan berakhir pada akhir tahun ini. Akan tetapi, kontrak tersebut akhirnya diperbaharui karena di tahun 2024 mendatang, Timnas Indonesia memiliki sederet agenda penting yang harus diikuti. Sebut saja seperti 2024, Piala Asia 2023, hingga 2026 zona Asia.

Sederet agenda penting tersebut membuat PSSI memutuskan untuk memperpanjang kontrak Shin dalam beberapa bulan saja. Jika dari beberapa even itu Shin dinilai berhasil memberikan efek positif bersama Timnas Indonesia, maka ia akan disodorkan kontrak baru. Akan tetapi, jika penampilan skuad Garuda justru melempem, besar kemungkinannya ia akan diberhentikan dari jabatannya tersebut.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

“Pembicaraan saya dengan coach Shin Tae-yong sampai Juni 2024,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada bulan Oktober lalu.

“Di mana penilaiannya nanti apakah perpanjangan lebih panjang ya tentu sesuai dengan prestasi yang ada di kejuaraan Asia di Qatar, baik senior maupun U-23,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

Media Korea Klaim PSSI Tawarkan Park Hang-seo untuk Gantikan STY di Timnas Indonesia
Shin Tae-yong, Park Hang-seo, Indra Sjafri, dan beberapa staf kepelatihan Timnas Indonesia serta Vietnam beberapa waktu lalu

“Saya rasa coach Shin Tae-yong sudah berbuat maksimal ketika membawa pertama kalinya U-23 lolos di (Piala) Asia. Ini pertama kali dalam sejarah dan timnas kita setelah 17 tahun kembali bermain di tingkat Asia,” katanya memungkasi

Namun anehnya, beberapa waktu lalu (kemarin), sebuah media asal Korea Selatan membuat berita heboh. Menjelang persiapan skuad Garuda untuk tampil di Piala Asia 2023 (dimainkan tahun 2024), media tersebut memberitakan kalau PSSI sedang mencari pengganti STY. Bahkan, media tersebut menyebut sosok yang dimaksud. Adalah Park Hang-seo, pria berkebangsaan Korea Selatan yang juga mantan pelatih Timnas Vietnam itu diklaim sudah mendapat tawaran dari PSSI sebagai pengganti STY.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

“Pelatih Park Hang-seo menerima tawaran yang sulit ditolak, PSSI berencana merekrut pelatih Park Hang-seo untuk menggantikan rekan senegaranya Shin Tae-yong,” tulis MSN Korea Minggu kemarin (17/12).

“Ada informasi mantan pelatih tim Vietnam Park Hang-seo menghadapi kemungkinan menjadi pelatih tim Indonesia,” lanjut pemberitaan media tersebut.

“PSSI pun bersedia menerima sebagian besar keinginan Pelatih Park Hang-seo. PSSI yakin Coach Park adalah pilihan terbaik untuk membantu tim Indonesia melaju ke level baru. Kini PSSI tinggal menunggu keputusan dari Coach Park,” tutup MSN dalam artikelnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid