Timnas Indonesia

Demi Perbaiki Peringkat FIFA, 4 Negara Eropa Ini Layak Dijajal Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


Demi Perbaiki Peringkat FIFA, 4 Negara Eropa Ini Layak Dijajal Timnas Indonesia
Egy Maulana Vikri dan Marselino Ferdinan

NOBARTV NEWS tengah menjajaki lawan yang pas untuk FIFA Matchday bulan September mendatang. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri bertugas untuk mencari lawan yang akan dihadapi oleh skuad Garuda.

Direncanakan, Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan di FIFA Matchday mendatang. Di ajang FIFA Matchday sebelumnya, Timnas Indonesia hanya bermain imbang 0 – 0 dengan Timnas Bangladesh. Anak asuh Shin Tae-Yong itu gagal memanfaatkan momentum dalam pertandingan yang diselenggarakan di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung itu.

“Ada dua match di Periode FIFA Match Day September. Kita akan akan ambil dua match tersebut. Iya [di Indonesia] dan berharap sudah bisa pertandingan dilakukan dengan penonton 100 persen,” papar Indra Sjafri.

Demi memperbaiki peringkatnya di rangking FIFA, beberapa negara Eropa ini layak untuk dijajal oleh Timnas Indonesia. Meski demikian, peringkat mereka masih jauh lebih baik dari Indonesia. Namun, mengingat mereka bukanlah tim superior seperti Belanda, Jerman, atau Spanyol, maka besar kemungkinan Indonesia mampu untuk mengalahkan mereka.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menghadapi tim dengan kultur sepak bola (Eropa) yang amat berbeda bisa menjadi pengalaman berharga bagi Timnas Indonesia. Berdasarkan peringkat FIFA terbaru, setidaknya ada empat tim yang memiliki peringkat tak jauh berbeda dari Indonesia (155). Mereka adalah Andorra (152), Lithuania (142), Latvia (129), dan Azerbaijan (128). Kenapa empat tim tersebut pantas untuk menjadi lawan Indonesia? Secara peringkat mereka memang bagus, namun keempat tim tersebut masih kalah jauh dari Timnas Vietnam dan Thailand – yang di mana, kedua tim asal Asia Tenggara itu jauh lebih baik dari mereka.

Jika mengalahkan atau meraih hasil imbang melawan dua tim Asia Tenggara itu masih sangat mungkin, apalagi dengan keempat tim tersebut.

Tetapi, jika Shin Tae-Yong ingin melihat anak asuhnya berhadapan dengan tim Asia, beberapa tim berikut juga layak untuk menjadi lawan Timnas Indonesia. Berhubung Timnas Indonesia akan mengikuti Piala Asia 2023, maka tim-tim asal Asia ini juga bisa menjadi opsi lawan Timnas Indonesia demi mengasah kemampuan dengan tim sesama benua.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Tajikistan (108), India (104), dan Lebanon (100) bisa jadi opsi lain – selain tim-tim Eropa tadi. Terlebih, ketiga tim tersebut masuk dalam daftar 120 besar FIFA yang sebelumnya dijanjikan oleh Indra Sjafri.

“Setelah hasil diskusi saya dengan Shin Tae Yong kita [Timnas Indonesia] ingin buat periode FIFA Match day bulan September yang lawannya nanti Rangking 120 ke bawah,” terangnya lagi.

Jadi bagaimana? Lawan tim asal Eropa dengan perbandingan peringkat tidak terlalu jomplang – atau tetap bersikeras melawan tim Asia dengan peringkat 120 besar FIFA?

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid