Intermezzo

3 Wasit Indonesia Ambil Bagian di Piala Dunia U-17 2023, Siapa Saja Mereka?



NOBARTV NEWS – Tidak hanya pemain saja, Indonesia juga mengirimkan tiga wasit di ajang 2023.

Seperti yang diketahui, pada Jumat esok (10/11), even sepak bola akbar bertajuk Piala Dunia U-17 2023 resmi dibuka. Di even tersebut, skuad Garuda Asia (julukan U-17 akan menjadi salah satu peserta.

Ya, dari sekian tim yang turut serta dalam ajang ini, Indonesia menjadi satu-satunya tim yang lolos secara otomatis. Tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi, anak asuh Bima Sakti itu dipastikan tampil di putaran final secara langsung. Hal ini tak lain karena di even tersebut, skuad Timnas U-17 bertindak sebagai tuan rumah.

Adapun sebagai persiapannya (tampil di Piala Dunia U-17 2023), berbagai agenda penting sudah dilakukan PSSI. Selain melakukan persiapan berupa venue pertandingan, PSSI bekerjasama dengan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-17 juga melakukan beberapa agenda yang tak kalah krusial. Seperti TC dan uji coba di dalam negeri, melakukan seleksi di berbagai kota se-Indonesia. Lalu ditambah dengan memanggil beberapa pemain keturunan (diaspora) ke Indonesia. Terakhir – dan beberapa waktu lalu, sejumlah 30 pemain juga telah melakukan pemusatan latihan dan melakoni tujuh laga uji coba.

Dari serangkaian persiapan panjang itu terpilih lah 21 nama final yang akan tampil membela Timnas Indonesia U-17. Dan pada esok malam, ke-21 pemain tersebut akan berjuang lewat fase grup melawan Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17. Ke-21 nama itu akan menjadi perhatian banyak orang karena sedang membawa nama Indonesia di kancah internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023.

Namun menariknya, tidak cuma pemain saja, namun Indonesia juga mengirimkan tiga wasit untuk ajang tersebut. Ketiga wasit yang terlibat di Piala Dunia U-17 itu adalah Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri, dan Yudi Nurcahya. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha.

3 Wasit Indonesia Ambil Bagian di Piala Dunia U-17 2023, Siapa Saja Mereka?
Wasit Indonesia berlisensi FIFA Thoriq Alqatiri

“Ada wasit kita sebanyak tiga orang yang dipilih langsung oleh FIFA sebagai supporting referee. Mereka juga akan mengikuti kagiatan Piala Dunia ini nantinya,” kata Ratu Tisha Selasa kemarin.

“Sekarang untuk persiapan wasit sudah dimulai sejak 4 November di Lapangan B dan C dengan fasilitas yang kami sediakan bersama dengan pemerintah ada setup VAR training dan setup VAR simulation juga di sana,” jelas Ratu Tisha lagi.

“Dari Indonesia sendiri ada nama-nama seperti Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri, dan Yudi Nurcahya dan ketiganya juga sudah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid