Timnas Indonesia

Dalami Kekuatan Indonesia dan Vietnam, Jepang Hadapi Thailand di Laga Uji Coba



NOBARTV NEWS – Timnas Jepang tidak mau menganggap remeh lawan-lawannya di grup D Piala Asia 2023. Demi mengetahui sejauh mana kekuatan lawan-lawannya seperti Indonesia hingga Vietnam, tim berjuluk Samurai Biru itu mengagendakan sebuah uji coba dengan tim asal Asia Tenggara Thailand.

Seperti yang diketahui, di tahun 2024 ini, akan digelar sebuah even sepak bola terbesar se-Asia yakni Piala Asia 2023. Ya, Piala Asia 2023 ini sejatinya akan digelar sesuai dengan namanya yakni di tahun 2023. Akan tetapi, di waktu pelaksanaannya, cuaca ekstrem tengah melanda tuan rumah Qatar. Oleh karena itu, tanpa menghapus kata “2023” turnamen ini tetap digelar di tahun yang berbeda.

Dalam even tersebut, akan kembali tampil setelah lebih dari 10 tahun cuma jadi penonton. Setiap mengikuti babak kualifikasi, skuad Garuda selalu gagal lolos ke putaran final. Hingga akhirnya, pada yang digelar pada tahun 2022 lalu, Timnas Indonesia berhasil memantapkan langkahnya untuk melaju ke putaran final.

Begitu kembali ke even ini, Timnas Indonesia langsung dihadapkan dengan tekanan berat. Ya, bagaimana tidak, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama tim kuat Jepang. Jepang adalah salah satu tim terkuat di Asia. Bahkan, Jepang sudah berada di level dunia. Hal itu dibuktikan dengan keterlibatan mereka di ajang Piala Dunia secara rutin dari satu edisi ke edisi berikutnya.

Selain Jepang, Timnas Indonesia juga satu grup dengan Timnas Irak. Sama seperti Jepang, Irak adalah tim yang cukup berbahaya. Beberapa waktu lalu, Irak membantai skuad Garuda 5-1 di laga 2026. Dan tahun depan, kedua tim akan dipertemukan lagi dalam even yang berbeda.

Dalami Kekuatan Indonesia dan Vietnam, Jepang Hadapi Thailand di Laga Uji Coba
Dua punggawa Timnas Thailand di sebuah laga uji coba

Sementara itu, satu tim lainnya adalah Vietnam. Sama-sama berasal dari Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam sudah cukup sering bertemu. Terakhir kali kedua tim berjumpa adalah di laga semifinal 2022. Kala itu, Vietnam sukses mengalahkan skuad Garuda.

Jelang perjumpaannya dengan Vietnam, Jepang, hingga Irak (Piala Asia 2023), PSSI sudah mengatur jadwal tanding Timnas Indonesia dalam laga uji coba. Tercatat, akan ada tiga laga uji coba yang dimainkan Marc Klok dkk. Dua uji tersebut adalah melawan Timnas Libya serta satu uji coba lainnya melawan Timnas Iran.

Menariknya, hal yang sama juga dilakukan oleh JFA atau Federasi Sepakbola Jepang. Segrup dengan Indonesia dan Vietnam, JFA mengagendakan uji coba bagi Takefusa Kubo dkk dengan tim asal Asia Tenggara lainnya yakni Thailand. Bahkan, nama-nama pemain yang akan dibawa dalam uji coba tersebut sudah dirilis oleh JFA.

Laga uji coba melawan Thailand sudah tentunya memiliki kaitan dengan laga Piala Asia tersebut. Dengan melawan Thailand, maka skuad Samurai Biru jadi lebih tahu sejauh mana serta seperti apa kekuatan mayoritas tim-tim asal Asia Tenggara seperti Indonesia hingga Vietnam.

Tercatat, ada 23 pemain yang akan dibawa Hajime Moriyasu dalam laga uji coba versus Thailand itu. Beberapa di antaranya adalah pemain-pemain top yang bermain di Liga Eropa. Sebut saja seperti Takumi Minamino (AS Monaco), KonItakura (Borussia Monchengladbach), hingga Keito Nakamura (Reims).


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid