Timnas Indonesia

Kembali ke Timnas Indonesia, Elkan Baggott Targetkan Skuad Garuda Menang 2 Kali atas Burundi



NOBARTV NEWS – Elkan Baggott akhirnya kembali ke . Usai gagal tampil di 2022 kemarin, kali ini, di FIFA Matchday kontra Burundi, bek tengah Cheltenham Town itu siap membawa skuad Garuda menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Sebagaimana diketahui, dalam daftar 28 pemain yang diminta untuk mengikuti TC jelang FIFA Matchday kontra Burundi, STY memanggil 6 pemain abroadnya. 6 pemain tersebut adalah Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan terakhir Shayne Pattynama (Viking FK).

Namun sayangnya, nama terakhir dipastikan tak akan memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday kali ini. Hal itu disebabkan sang pemain ternyata belum dinyatakan pindah federasi oleh FIFA. Padahal, beberapa waktu lalu, Waketum PSSI Zainudin Amali menyebut proses perpindahan federasi atas nama Shayne Pattynama dari KNVB ke PSSI sudah rampung.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Namun pada kenyataannya tidak. Bahkan, mirisnya lagi, kabar itu diketahui setelah skuad Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan selama dua hari.

Meskipun demikian, di luar nama Shayne Pattynama tersebut, lima pemain abroad lainnya dipastikan sudah bergabung dan siap tempur. Elkan Baggott yang sebelumnya tak bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kali ini sudah berada di Indonesia. Bek tengah jangkung itu pun memiliki harapan besar setelah kembali ke Indonesia.

Terakhir kali Baggott turun dengan skuad Garuda adalah ketika FIFA Matchday tahun lalu – yang di mana Timnas Indonesia menjamu Timnas Curacao. Saat itu, Baggott turun di dua pertandingan melawan tim asal Amerika Selatan itu. Hasilnya, skuad asuhan Shin sukses menyapu bersih dua laga (dengan kemenangan) masing-masing dengan skor 3-2 (pertemuan pertama) dan 2-1 (pertemuan kedua).

Kemenangan dua kali berturut-turut saat itu ingin diraih kembali oleh Baggott. Oleh sebab itu, ia siap memberikan kemampuan terbaiknya agar skuad Garuda mencatatkan kemenangan sempurna atas tim asal benua Afrika Burundi. Selain mengincar kemenangan, lewat laga FIFA Matchday ini, Baggott juga ingin memperkuat koneksi (chemistry) antar pemain jelang Piala Asia 2023 nanti.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“[Harapan] tentu saja memenangkan kedua pertandingan dan memperkuat koneksi sebagai tim menuju Piala Asia yang akan diikuti nanti,” kata Elkan Baggott dilansir dari laman resmi PSSI.

“Ini adalah latihan pertama kami dengan full team, segalanya terlihat baik. Menyenangkan bisa berkumpul dengan teman-teman setim,” tambah bek kelahiran Bangkok Thailand itu.

Saat ini, peringkat Timnas Indonesia berada di posisi 151 dunia. Sementara itu, Burundi berada 10 tingkat di atasnya yaitu di posisi 141. Jika anak asuh Shin Tae-yong itu mampu mencatatkan dua kali kemenangan, maka skuad Timnas Indonesia berpotensi besar untuk merangsek ke peringkat 150 besar dunia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment