Timnas Indonesia

Persiapan Piala Asia & Piala Dunia U-20, Kiper Utama Garuda Muda Gagal Ikut TC di Eropa



NOBARTV NEWS – 11 pemain Persija dipanggil PSSI guna mengikuti TC di Eropa – tepatnya Turki dan Spanyol. Namun dua nama dipastikan tidak ikut karena alami cidera. Salah satu pemain yang tak jadi dilepas adalah Cahya Supriadi. Cahya mendapatkan cidera parah ketika membela Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 beberapa waktu lalu.

Di matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 tersebut, Cahya alami cidera yang cukup mengkhawatirkan. Saat itu, Garuda muda tengah melawan Timnas Hongkong. Cidera yang dialami Cahya saat itu memaksanya untuk dibawa ke rumah sakit terdekat menggunakan ambulans.

Cidera tersebut membuat Cahya absen di laga terakhir grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 melawan Vietnam. Meski tanpa kehadirannya, Garuda muda sukses melumat The Young Golden Stars dengan skor tipis 3-2.

Dan menjelang Piala Asia U-20 2023 dan tahun depan, PSSI sudah memanggil puluhan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Dua negara Eropa sudah ditetapkan menjadi lokasi training center skuad Garuda. Dua negara tersebut adalah Turki dan Spanyol.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Klub Cahya sendiri Persija Jakarta diminta untuk menyerahkan 11 pemainnya untuk mengikuti TC tersebut. 11 pemain tersebut adalah Alfriyanto Nico Saputro, Dony Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, Achmad Maulana Syarif, Dia Syayid Alhawari, Muhammad Rayhan Putra Utina, Teuku Razzaa Fachrez, Cahya Supriadi dan Resa Aditya.

Namun sayang, dua nama terakhir tengah alami cidera sehingga gagal bergabung dengan U-20.

“Saya ucapkan selamat berlatih kepada sembilan pemain terpilih. Semoga mereka selalu menunjukkan performa terbaik dalam TC yang dilaksanakan,” ujar Presiden Persija Mohamad Prapanca.

“TC nanti adalah untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. Keduanya adalah ajang besar di kancah sepak bola,” tambahnya lagi.

Sayang, kiper utama Timnas Indonesia U-20 Cahya Supriadi menjadi salah satu pemain yang gagal mengikuti TC tersebut. Hal ini tentu amat sangat disayangkan karena Cahya merupakan pemain yang cukup diandalkan di skuad yang ditempatinya. Di U-19 2022 kemarin, Cahya juga menjadi kiper utama Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Padahal, menurut penuturan Dokter PSSI Syarif Alwi usai cidera beberapa minggu yang lalu, ia memberi kabar bahwa seluruh organ tubuh Cahya baik-baik saja. Bahkan setelah dilakukan CT Scan, kondisi fisik kiper muda Persija Jakarta itu stabil dan normal.

Terhitung dua minggu lebih sejak kejadian tersebut, Cahya disebut masih dalam tahap pemulihan dan terpaksa absen di TC di Eropa. Apakah Cahya baik-baik saja? atau apakah PSSI tidak berani mengambil resiko dengan memanggilnya? Semoga sang pemain baik-baik saja dan bisa membela Timnas Indonesia di dua event penting tersebut.

Adapun terkait pemusatan latihan di Eropa, skuad Garuda muda akan TC di Antalya, Turki sejak 10 Oktober – 5 November dan di Malaga, Spanyol pada 5 November hingga 4 Desember 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid