Timnas Indonesia

Mohamad Kusnaeni: Melawan Argentina Manfaatnya Sedikit!



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola Indonesia Mohamad Kusnaeni menyebut rencana uji coba melawan Timnas Argentina tidak memiliki manfaat banyak.

Sebagaimana diketahui, pada Juni bulan depan, akan digelar ajang FIFA Matchday 2023. Ajang tersebut merupakan yang kedua kalinya pada tahun 2023 ini. Sebelumnya, mengikuti ajang tersebut (FIFA Matchday) pada bulan Maret kemarin. Saat itu, skuad Garuda berhadapan dengan Timnas Burundi sebanyak dua kali.

Laga pertama dimenangkan oleh Marc Klok dkk dengan skor telak 3-1. Sementara itu, di laga keduanya, anak asuh Shin Tae-yong bermain imbang sama kuat 2-2.

Dan di bulan depan, PSSI juga berencana akan mempertemukan Timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday dengan dua tim. Satu tim sudah terkonfirmasi yakni Timnas Palestina. Kepastian melawan Timnas Palestina sudah dipastikan yaitu pada tanggal 14 Juni mendatang. Venue yang akan digunakan untuk laga internasional tersebut adalah Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepakbola Palestina dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023. Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga,'' kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Selain melawan Timnas Palestina, PSSI sedang mencari satu lawan lainnya. Salah satu negara yang santer diberitakan akan menjadi lawan Marc Klok dkk adalah Timnas Argentina. Bahkan, jurnalis asal Argentina Gaston Edul menyebut AFA (Federasi Sepakbola Argentina) sudah merencanakan Lionel Messi dkk akan terbang dan melawan dua tim asal Asia di FIFA Matchday Juni 2023.

Dua tim yang dimaksud, kata Gaston Edul, adalah Timnas China dan Timnas Indonesia. Lionel Messi dkk berhadapan dengan China terlebih dahulu – kemudian akan bertemu dengan Timnas Indonesia. Kedua laga tersebut akan dimainkan masing-masing di negara yang bersangkutan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terlepas dari jadi atau tidaknya Timnas Indonesia melawan Argentina, pengamat sepakbola nasional Mohamad Kusnaeni atau biasa disapa Bung Kus menyebut laga tersebut tidak memiliki manfaat besar bagi Timnas Indonesia. Bung Kus berpedoman dengan hasil drawing Piala Asia 2023 kemarin yang di mana – Timnas Indonesia segrup dengan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Dengan demikian, laga melawan Argentina tidak memiliki faedah banyak serta tak mempunyai pengaruh besar dengan persiapan skuad Garuda di Piala Asia nanti.

“Melawan Argentina itu manfaatnya sedikit dari segi teknis. Lebih banyak dari segi citra saja, tetapi secara teknis mau manggil siapa yang pas untuk melawan tim juara dunia ini,” kata Mohamad Kusnaeni.

“Pelatih mau coba apa dari lawan Argentina. Tapi kalau lawannya Korea Selatan, Australia, Iran, Suriah atau lainnya itu ada banyak hal yang bisa dikejar untuk Piala Asia 2023,” ucapnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment