Timnas Indonesia

Justin Hubner Bantah Rumor Ogah untuk Dinaturalisasi



NOBARTV NEWS – Bek muda Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner membantah jika dirinya menolak untuk melanjutkan proses naturalisasi sebagai WNI.

Seperti yang diketahui, sebelumnya – sejak tahun 2022 lalu, PSSI dan Pemerintah RI sudah memulai progres naturalisasi kepada tiga pemain muda keturunan. Mereka adalah Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Ketiganya mendapatkan hak untuk dinaturalisasi setelah dipantau oleh sang pelatih Shin Tae-yong.

Jadi, setelah Shin mengamati permainan ke-tiganya, sang pelatih pun mengajukan permintaan kepada PSSI agar Ivar Jenner dkk untuk dinaturalisasi. Setelah itu, PSSI berkoordinasi dengan Kemenpora dan dibahas dalam sidang DPR RI Komisi III dan X. Beberapa waktu lalu, sidang tersebut sudah selesai dilakukan dan tinggal menunggu beberapa langkah lagi untuk resmi menjadi WNI.

Tujuannya dinaturalisasi Ivar Jenner dkk sendiri untuk meningkatkan kualitas skuad Garuda muda di 2023. Namun sayangnya, ketika proses naturalisasi tersebut belum rampung, PSSI dan mendapatkan kabar buruk. Skuad Garuda muda dipastikan tidak akan mentas di even tersebut karena FIFA mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dengan demikian, ke-tiganya dipastikan gagal tampil di ajang sepak bola paling bergengsi kedua di dunia itu. Atas hal itu pula, berbagai rumor menyeruak. Ada yang menyebut jika salah satu dari ketiga pemain ingin membatalkan proses naturalisasi tersebut. Namun adapula yang menyebut jika ke-tiganya masih ingin membela Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadi salah satu yang berpendapat demikian. Ia baru-baru ini mengatakan bahwa satu dari tiga pemain tersebut terindikasi ingin mengurungkan niatnya untuk menjadi WNI.

“Dari DPR kan sudah menyetujui. Sekarang, sedang proses menanyakan kepada pemain kembali, karena mereka (rencananya) bagian dari Timnas Indonesia U-20,” kata Erick Thohir pada Kamis 13 April kemarin.

“Kemarin dari bola basket sudah ada yang dinaturalisasi, bahkan sudah pergi TC ke Australia. Kalau yang ini perlu waktu untuk menanyakan kembali,” tambah mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Lebih lanjut, kata Erick lagi, dua pemain lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick disebutnya masih ingin membela Timnas Indonesia.

“Saya yakin mungkin sebagian pemain akan tetap (dinaturalisasi), mungkin sebagian yang lain tidak jadi. itu bisa saja. Itu pilihan dari opsi individu,” ujarnya memungkasi.

Namun anehnya, sang pemain yakni Justin Hubner justru membantah. Ia menegaskan kalau dirinya hingga detik ini belum pernah dihubungi oleh PSSI lagi. Sehingga, berita ini menjadi simpang siur karena tidak ada yang tahu siapa yang benar dan salah.

“Tak ada yang menghubungi saya, jadi saya dan agen saya tidak bisa melakukan negosiasi,” kata Justin Hubner kepada media asal Indonesia Kumparan.

Justin juga menegaskan kalau dirinya masih ingin untuk membela Timnas Indonesia.

“Saya masih sangat ingin bermain untuk Indonesia. Namun, hingga saat ini tak seorang pun dari PSSI yang berbicara dengan kami,” katanya menambahkan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments