Timnas Indonesia

STY Beberkan Kriteria Pemain yang akan Dibawa ke Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong membeberkan beberapa kriteria pemain yang akan dibawanya ke Piala Asia 2023.

Tahun depan, skuad Garuda akan berlaga di Piala Asia 2023. Penampilan tersebut merupakan penampilan skuad Garuda yang pertama kalinya dalam kurun waktu belasan tahun ini. Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di ajang tersebut adalah pada tahun 2007 – yang di mana, saat itu Piala Asia digelar di empat negara berbeda. Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand menjadi tuan rumah bersama untuk edisi 2007.

Hingga akhirnya, pada tahun 2023 ini, Timnas Indonesia akhirnya kembali ke ajang tersebut. Tampilnya skuad Garuda tak lepas dari peran pelatih berkebangsaan Korea Selatan Shin Tae-yong. Berkat dirinya, Indonesia akhirnya kembali menginjakkan kakinya di even sepakbola paling prestisius di benua Asia itu.

Kini, setelah dipastikan lolos ke even tersebut, Timnas Indonesia harus mempersiapkan diri sedini mungkin. Pasalnya, di even ini, Marc Anthony Klok dkk tergabung dengan tim-tim kuat di grup D seperti Timnas Irak, Timnas Jepang, hingga Timnas Vietnam.

Rencananya, untuk berlaga di ajang tersebut, skuad Garuda akan melakukan pemusatan latihan serta uji coba di luar negeri. Tepat pada hari ini, rombongan Timnas Indonesia sudah berangkat menuju Antalya Turki. Di sana, mereka akan melakukan pemusatan latihan disertai dengan melakoni dua laga uji coba melawan Timnas Libya. Setelah dari Antalya, skuad Garuda akan melanjutkan perjalanannya ke Doha Qatar. Di negara timur tengah itu, anak asuh Shin Tae-yong tersebut juga bakal berduel dengan Timnas Iran.

STY Beberkan Kriteria Pemain yang akan Dibawa ke Piala Asia 2023
Shin Tae-yong dalam sebuah pertandingan Timnas Indonesia

Usai melakukan pemusatan latihan serta uji coba tersebut, Shin bakal memilih 26 pemain yang akan dibawanya ke Qatar. Ya, di Piala Asia 2023, jumlah maksimal pemain yang boleh didaftarkan adalah 23. Hanya saja, Shin ingin pemain skuad Garuda yang dibawanya ke even tersebut berjumlah 26. Berarti, dari 29 pemain yang akan dibawa ke TC Turki dan Qatar, Shin bakal mencoret 3 nama.

Kemarin, jelang keberangkatan skuad Garuda ke Turki, sang pelatih membeberkan kriteria pemain yang akan dibawanya ke even tersebut.

“Untuk Piala Asia entry-nya memang hanya 26 pemain. Jadi akan dibawa 26 pemain dan untuk pertandingan memang 23 pemain. Tetapi saya akan membawa 26 pemain ke Piala Asia,” kata Shin Tae-yong.

Syarat utama untuk pemain yang akan dibawanya ke Piala Asia tersebut adalah ia haruslah bebas dari cedera. Selain itu, syarat lainnya adalah pemain tersebut wajib mengorbankan dirinya untuk Timnas Indonesia.

“Untuk masuk kriteria saya, harus tidak ada cedera. Dan harus mengorbankan diri untuk tim. Itulah mereka-mereka yang akan bisa masuk ke timnas,” tutup pria asal Korea Selatan itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid