Timnas Indonesia

Demi Kesinambungan, PSSI Kirim Rapor Pemain Timnas U-20 ke Klub

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI akan mengirim rapor pemain U-20 kepada klub – di mana tempat mereka bermain.

Seperti yang diketahui, pada akhir tahun kemarin, skuad Garuda muda asuhan Indra Sjafri telah melakukan persiapan awalnya untuk bisa tampil di ajang 2025. Persiapan tersebut diawali dengan melakukan pemusatan latihan di Aspire Academy Qatar selama satu mingguan. Setelah itu, mereka kembali melanjutkan pemusatan latihan itu di dalam negeri.

Selama melakukan pemusatan di dalam negeri – tepatnya di Jakarta, Indra menerapkan sistem promosi – dengradasi. Artinya, di setiap minggunya akan ada pemain baru yang dipanggil serta adapula pemain yang dicoret. Mereka dicoret berdasarkan beberapa hal. Bisa karena selama pemusatan latihan tidak tampil maksimal atau bisa juga dinilai lewat beberapa laga uji coba.

Ya, tidak sekadar pemusatan latihan saja, namun Arkhan Kaka dkk juga diberikan kesempatan untuk melakoni beberapa uji coba. Sebut saja seperti melawan klub Liga 1 Bhayangkara FC, lalu Timnas Uzbekistan U-20, Timnas Thailand U-20, hingga yang paling baru adalah bertemu dengan klub Korea Suwon FC.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dan kini, setelah para pemain tersebut melakukan pemusatan selama lebih dari satu bulan, Indra selaku pelatih akan membubarkan mereka. Pembubaran tersebut dalam rangka mengembalikan para pemain ke klubnya masing-masing.

Tak hanya membubarkan semata, namun Indra melalui PSSI juga akan mengirimkan raport para pemain ke klubnya. Raport tersebut merupakan hasil dari pemusatan latihan serta uji coba yang sudah dijalankan mereka selama ini. Hal ini dilakukan PSSI agar adanya kesinambungan antara pelatih fisik di Timnas dengan klub terkait kemampuan sang pemain.

Demi Kesinambungan, PSSI Kirim Rapor Pemain Timnas U-20 ke Klub
Laga uji coba Timnas Indonesia U-20 dengan Seongnam FC (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Kami kembalikan pemain timnas U-20 Indonesia ke klub, saya minta pelatih fisik lakukan komunikasi yang baik dengan pelatih fisik klub,” kata Indra Sjafri.

“Data yang ada di timnas kita akan kirimkan bersama melalui surat PSSI dan langsung ke anak-anaknya yang kita kirim lewat WhatsApp,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Adapun terkait sistem promosi dan degradasi seperti yang disebutkan tadi, Indra menyebut cara itu akan terus dilakukannya hingga bergulirnya U-20 2024 mendatang.

“Promosi dan degradasi (akan terus dilakukan) sampai Piala AFF U-20 2024. Tes pertama mereka nanti di Piala AFF, sampai Piala AFF di bulan Juni kita akan melakukan promosi dan degradasi.”

“Parameternya yaitu ada tes-tes yang kita lakukan,” ucapnya lagi.

“TC tahap kedua ini ada empat kali internal gim. Tiga kali pertandingan internasional dan satu kali dengan klub Liga 1,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *