Timnas Indonesia

Tampil Moncer di Liga Santri, PSSI Harap 4 Alumninya Gabung Timnas U-20



NOBARTV NEWS – Liga Santri Piala KASAD baru saja selesai bergulir. Dari pantauan PSSI, terdapat empat pemain potensial yang akan diajukan untuk menjadi bagian dari U-20. Hal itu diutarakan Ketua Umum PSSI Mochamad beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, Ponpes Salawiyah Al Falah yang mewakili Jawa Barat I menjadi juara untuk Piala Kasad tahun 2022. Ponpes Salawiyah sukses membungkam tim asal Jawa Timur Ponpes Darul Huda Mayak lewat skenario adu penalti. Tim asal Jawa Barat itu melumat perwakilan Jawa Timur III dengan skor akhir 5-3 di Stadion Madya, Sabtu kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Iriawan hadir mengamati sekaligus menyaksikan jalannya pertandingan. Purnawirawan Polri bintang tiga itu pun memberikan komentarnya terkait pertandingan tersebut. Kata Iriawan, turnamen serupa akan kembali dihelat pada tahun depan.

“Permainan kedua tim dapat dilihat, berdasarkan pantauan tim talent. Kami sudah menemukan empat pemain,” papar pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Akan tetapi, meski PSSI telah mengajukan empat nama tersebut, namun keputusan akhir tetap berada pada STY sendiri. Jadi atas izin STY lah keempat pemain tersebut diperbolehkan membersamai Marselino Ferdinan dkk di Timnas Indonesia U-20.

“Yang akan diajukan ke pelatih untuk masuk ke timnas (U-20),” tambahnya.

“Sisanya, akan ada beberapa pemain yang diambil oleh klub. Insyallah tahun depan Piala Kasad akan digulirkan lagi,” tutup Iriawan.

Timnas Indonesia U-20 sendiri tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa – tepatnya di Turki. Dalam pemusatan latihan tersebut, Shin Tae-yong memimpin langsung para Garuda muda. Bersamaan dengan mereka, hadir pula asisten pelatih baru yakni Cho Byung-kuk yang beberapa hari lalu resmi menggantikan posisi Dzenan Radoncic sebagai tangan kanan Shin Tae-yong.

Pemusatan latihan kali ini betul-betul dipersiapkan secara matang sehingga mereka harus memakan waktu selama 2 bulan di Eropa. Selain Turki, Marselino Ferdinan dkk juga akan menuju Spanyol. TC (training center) kali ini jauh lebih penting dan terstruktur dari TC sebelumnya – karena hasil dari TC ini akan diaplikasikan dalam dua even yang sangat penting.

Pertama Garuda muda akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan kedua 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Sejauh ini, PSSI telah mengkonfirmasi tiga calon lawan Timnas U-20 dalam ajang ujicoba di Turki. Tim-tim tersebut adalah Timnas Turki U-20, Timnas Moldova U-20, dan tim lokal Antalyaspor.

Di samping memasukkan pemain dari alumni Liga Santri dan juga dari hasil seleksi pemusatan latihan di Eropa, PSSI juga mendatangkan 4 pemain keturunan guna arungi dua even tersebut. Dua di antara empat pemain keturunan tersebut bahkan sudah berada di Indonesia pada hari kemarin. Mereka adalah Ivan Jenner dan Justin Hubner.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid