Timnas Indonesia

Masih Mendekam di Turki, Timnas U-20 Gagal Uji Coba dengan Timnas Jepang



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda gagal berangkat menuju Spanyol. Masalah visa menjadi faktor utama Marselino Ferdinan dkk terpaksa berdiam di Turki untuk sementara waktu ini. Padahal, anak asuh Shin Tae-yong itu telah ditunggu Timnas Jepang U-18 dalam laga uji coba.

Direncanakan, U-20 akan melakukan pemusatan latihan di dua tempat berbeda. Pertama adalah Turki dan kedua Spanyol. Sejauh ini, sesuai rencana tersebut skuad Garuda muda telah menyelesaikan seluruh pemusatan latihannya di Turki – termasuk telah selesai melakukan empat uji coba.

Pertama, Timnas Indonesia melawan Cakallikli Spor yang di mana skuad asuhan STY itu sukses menang 2-1. Kemudian Muhammad Ferrari dkk tanding melawan Turki U-20 namun sayangnya mereka takluk 2-1. Di uji coba ketiga melawan Moldova U-20, armada STY menang telak 3-1. Sedangkan di laga uji coba terakhir atau keempat melawan Moldova U-20 lagi, mereka hanya mampu bermain imbang 0-0.

Usai melakukan uji coba tersebut, seharusnya skuad Garuda muda bertolak menuju Spanyol. Namun sayang, dikarenakan visa yang belum jadi, mereka terpaksa menunda keberangkatan tersebut sembari tetap melanjutkan pemusatan latihan serta direncanakan pula akan melakukan uji coba satu kali lagi.

Andaikata Timnas Indonesia U-20 berangkat sesuai jadwal menuju Spanyol, mereka dipastikan akan melawan Timnas Jepang U-18. Timnas Jepang sendiri saat ini tengah melakukan tur menuju Spanyol. Selain melawan Indonesia, skuad muda Samurai Biru juga akan menghadapi beberapa tim lokal Spanyol.

“Pada tanggal 28, Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) mengumumkan anggota Tim Nasional Jepang U-18, yang akan melakukan tur ke Spanyol pada November,” tulis media News.Yahoo Jepang pada Sabtu kemarin.

Direncanakan, skuad muda Timnas Jepang akan berada di Spanyol selama 10 hari.

“Tim nasional akan berada di Marbella, Spanyol, dari 3 hingga 13 November,” lanjut pemberitaan media tersebut.

Seharusnya, laga antara Timnas Indonesia melawan Jepang akan dilakukan pada hari ini, 7 November 2022.

“Mereka akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U-20 pada tanggal 7, Algeciras FC pada tanggal 8, dan Timnas Belgia U-18 pada tanggal 10 dan 12,” tutup media tersebut.

Dalam kunjungan ke Spanyol, pelatih Jepang U-18 Goichi Togashi memboyong 22 pemain muda dengan rincian 20 pemain dari J Youth dan dua pemain yang berkarir di luar negeri.

Adapun Timnas Indonesia, akibat batalnya keberangkatan tersebut, mereka akan tetap berada di Turki sampai tanggal 15 November 2022.

“Ini masih fokus Turki. Di Turki sampai 15 November. [Sebelum beredar sampai tanggal 5 November] Makanya yang beredar di luar itu kadang-kadang [belum tentu benar]. Jadi mereka fokus sampai tanggal 15 di Turki,” terang Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memastikan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments