Timnas Indonesia

Ayah Arkhan Kaka Beberkan Sang Anak Jadi Incaran Klub Luar Negeri



NOBARTV NEWS – Ayah Arkhan Kaka mengaku jika sang anak menjadi incaran klub luar negeri. Bahkan, klub tersebut sudah membidik Kaka sebelum ia tampil di 2023.

Sebagaimana diketahui, saat ini, U-17 sedang berlaga dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Di even sepakbola internasional tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Dari tiga laga dalam fase grup itu, skuad Garuda sudah memainkan dua laga. Dua laga tersebut adalah berjumpa dengan Timnas Ekuador U-17 dan Timnas Panama U-17. Adapun untuk laga terakhir kontra Maroko U-17, dijadwalkan, Welber Jardim dkk akan berhadapan dengan tim asal Afrika itu pada Kamis malam esok (16/11). Sama seperti laga-laga sebelumnya, skuad Garuda akan bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Adapun dari dua laga yang sudah dimainkannya itu, skuad Garuda belum pernah menelan kekalahan. Mereka selalu bermain imbang di dua laga sebelumnya. Anak asuh Bima Sakti bermain sama kuat 1-1 dengan Ekuador U-17 begitupun dengan Panama U-17 (1-1). Hasil imbang dua kali itu membuat mereka mendapatkan dua poin.

Menariknya, dari dua hasil imbang tersebut, salah satu pemain yang sangat mencuri perhatian banyak orang adalah sosok sang striker Arkhan Kaka. Pemain muda milik Persis Solo itu mencetak masing-masing satu gol ke gawang Ekuador U-17 dan Panama U-17. Sebelumnya, Kaka juga tampil memukau bersama Timnas Indonesia U-16 pada U-16 tahun lalu (2022). Ya, Kaka adalah salah satu alumni Piala AFF U-16 2022 yang turut serta dibawa ke even Piala Dunia U-17 ini.

Ayah Arkhan Kaka Beberkan Sang Anak Jadi Incaran Klub Luar Negeri
Selebrasi gol Arkhan Kaka usai menjebol gawang Timnas Panama U-17 beberapa waktu lalu

Hal yang menggembirakan dari sosok Kaka adalah ternyata – sang pemain sudah menjadi incaran klub luar negeri sejak beberapa waktu lalu. Jadi, jauh sebelum ia membuat kejutan dengan mengemas dua gol di Piala Dunia U-17 2023, sudah ada klub luar negeri yang meminatinya. Hal itu disampaikan langsung oleh ayah Kaka yakni Purwanto.

Purwanto yang juga mantan striker Timnas Indonesia ini menyebut sang putra sudah mendapat tawaran dari klub luar negeri sejak sebelum Piala Dunia U-17 digelar. Akan tetapi, Purwanto meminta Kaka untuk tidak teralihkan dengan hal (tawaran dari klub asing) itu. Ia justru berharap kepadanya untuk fokus dengan Piala Dunia U-17 terlebih dahulu.

“Udah ada tawaran dari luar negeri sebelum Piala Dunia U-17 2023 dimulai,” kata Purwanto.

“Cuma saya bilang saya dia jangan berpikir itu dulu, sekarang fokus ke Piala Dunia U-17 2023. Selesaikan Piala Dunia U-17 2023 dengan kerja keras,” ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Purwanto lagi, walaupun ia tak menyebut klub mana yang berminat kepada Kaka – namun dirinya memastikan kalau tawaran itu datang ketika Kaka dan skuad Garuda Asia tengah melakukan TC di Jerman beberapa waktu lalu.

“Saat TC di Jerman tawaran itu datang. Saya tidak mau bilang klubnya, pokoknya luar negeri. Saya sekarang hanya berharap ke dia jangan berpikir itu dulu dan harus selesaikan Piala Dunia U-17 2023 dengan hal-hal baik untuk Indonesia,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid