Timnas Indonesia

Enggan Anggap Remeh Garuda Asia, Palestina & UEA Ikuti Piala Arab U-17 Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023



Enggan Anggap Remeh Garuda Asia, Palestina & UEA Ikuti Piala Arab U-17 Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023
U-16 di U-16 2022 beberapa waktu lalu

NOBARTV NEWS – Berbagai persiapan telah dilakukan para pesaing Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Salah duanya adalah Timnas Palestina dan Uni Emirat Arab. Dua tim asal Timur-Tengah itu dikabarkan akan mengikuti Piala Arab U-17 sebelum bergulirnya Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sebagaimana diketahui, Garuda Asia tergabung di grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 bersama empat tim lain yakni UEA, Malaysia, Palestina, dan Guam. Kelima tim akan saling berhadapan di babak kualifikasi – yang akan dihelat tidak lebih dari satu setengah bulan lagi. Hanya 10 juara grup dan 5 runner-up terbaiklah yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Lalu, bagaimana dengan persiapan dua rival Indonesia asal Timur-Tengah tersebut?

Timnas Palestina dan Uni Emirat Arab dikabarkan turut serta dalam event Piala Arab U-17. Event tersebut akan dihelat di Aljazair pada 22 Agustus hingga 8 September 2022. Kedua pelatih yakni Frank Ortega (Pelatih UEA U-17) dan Makram Daboub (Pelatih Palestina U-17) sengaja mengikuti event tersebut demi persiapan maksimal mereka jelang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menariknya, UEA dan Palestina tergabung di grup yang sama di Piala Arab U-17. Dengan demikian, kedua tim berkesempatan saling adu sebelum berjumpa di babak kualifikasi nanti.

UEA, Palestina, Aljazair, dan Sudan berada di grup A Piala Arab U-17 2022. Sedangkan di grup B ada Tunisia, Libya, Oman, dan Irak. Grup C diisi oleh Maroko, Irak, Komoro, dan Mauritania. Adapun di grup D, terdapat tim kuat seperti Arab Saudi, Mesir, Suriah, dan Lebanon.

Sebelum mengikuti Piala Arab U-17 ini, dua pesaing terkuat Indonesia tersebut ternyata sudah melakukan uji coba.

Tercatat, Timnas UEA U-17 telah melakukan pemusatan latihan di Maroko pada 9 – 19 Agustus lalu. Dalam pemusatan latihan tersebut, UEA berkesempatan menantang tim muda Maroko U-17 dan dua tim lokal lainnya.

Sedangkan Palestina telah melakukan dua uji coba melawan tim lokal negaranya pada 10 dan 16 Agustus kemarin.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Pada tanggal 10 Agustus 2022, Timnas Palestina U-17 meraih kemenangan sedangkan di laga ke-duanya pada tanggal 16 Agustus 2022, Mahmoud Radi dkk takluk dari tim lokal, Silwan.

Melihat persiapan dua tim kuat tersebut, sudah selayaknya Bima Sakti waspada dengan kondisi skuadnya saat ini. Meski baru saja memenangkan gelar Piala AFF U-16 2022, hal itu tidak bisa menjadi patokan. Hal itu dikarenakan tim yang akan dilawan di Kualifikasi Piala Asia U-17 nanti merupakan tim-tim kuat yang dikenal mengandalkan fisik serta stamina.

Hanya dua langkah yang bisa dipersiapkan Bima Sakti saat ini. Yaitu dengan menjaga para anak asuhnya agar tetap bugar selama berlibur usai Piala AFF U-16 dan ketika berkumpul nanti (jelang kualifikasi), mereka diberi kesempatan untuk berujicoba melawan tim kuat sebelum dihelatnya babak kualifikasi tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid