Timnas Indonesia

Pecah Rekor! Peserta Seleksi Timnas U-17 di Bali Hampir Diikuti Seribu Pemain!



NOBARTV NEWS – Seleksi pemain U-17 berlanjut ke Bali pada tanggal 15-16 Juli 2023. Dalam seleksi dua hari tersebut, jumlah pemain yang mengikutinya memecahkan rekor hingga hampir seribu peserta.

Seperti yang diketahui, selain menetapkan 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan, PSSI dan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-17 juga masih terus memburu beberapa pemain muda potensial lainnya. Salah satunya adalah dengan menggelar seleksi terbuka di berbagai kota se-Indonesia.

Hari pertama seleksi tersebut dilakukan di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Jawa Barat pada tanggal 12 Juli 2023. Selang dua hari – atau di tanggal 14 Juli, PSSI kembali menggelar seleksi di Stadion Jakabaring Palembang.

Khusus untuk seleksi di lokasi ketiga, PSSI dengan sengaja menggelarnya sebanyak dua hari di satu lokasi. Jadi, pada seleksi ketiga yaitu tanggal 15 dan 16 Juli, PSSI menggelarnya di Lapangan Pemusatan Latihan Bali United, Pantai Purnama, Gianyar Bali.

Menariknya, seleksi yang dilakukan di Bali selama dua hari ini memecahkan rekor fantastis dengan jumlah peserta yang paling banyak. Tercatat, hampir seribu pesepakbola muda yang berasal dari berbagai daerah mengikuti seleksi tersebut. Jadi, tak hanya putra Bali saja, namun banyak pemain yang berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, hingga Nusa Tenggara Timur mengikuti seleksi tersebut. Jika dirincikan, maka terdapat 283 peserta seleksi hari pertama dan 664 di hari kedua.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Kami memberikan kesempatan kepada putra-putra Bali dan sekitarnya, Alhamdulillah rekor peserta ada di Bali, ada 947 pemain. Saya pikir ini adalah bukti, bahwasahnya talenta-talenta muda di Bali juga banyak, dan saya tadi melihat beberapa gim, ada beberapa pemain yang bisa diberikan kesempatan untuk kita seleksi nanti di Jakarta,” kata pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti.

“Kita akan sesuaikan dengan kebutuhan tim di TC yang sedang kita jalankan di Jakarta, ada beberapa posisi yang memang harus kita benahi, kita perbaiki, dan pemain yang kita dapat di daerah-daerah seperti Bali, Bandung, Palembang akan kita berikan kesempatan, karena pemain yang TC di Jakarta pun ada promosi dan degradasinya,” ujarnya memungkasi.

Menariknya, dalam proses seleksi tersebut, hadir Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Kata Erick, usai proses seleksi yang dilakukan di berbagai kota itu selesai, maka PSSI akan mengirim para pemain terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di luar negeri.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Erick rencananya akan membawa mereka seleksi di negara Eropa Jerman. Awalnya, mereka akan diikutsertakan dalam TC di Qatar. Namun karena di Qatar cuaca panas, maka PSSI pun memindahkan lokasi TC tersebut ke Eropa.

“Rencana yang di 12 kota ini kami akan bergabung di Agustus TC-nya (di Jakarta). Diseleksi ulang lagi untuk baru kami kirim ke Jerman, ya,” kata Erick Thohir.

“Kami tidak jadi ke Qatar, ya. Sebab, alasannya di Jerman itu perlu hampir satu setengah bulan 2 bulan. Dihitung-hitung di Qatar terlalu panas, Jadi, Indonesia dan Jerman. Dan nanti dari Jerman pun kami pulang 10 hari supaya adaptasi itu,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid