Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan Bakal Debut di KMSK Deinze Pekan Ini



NOBARTV NEWS – Dua hal terkait Marselino Ferdinan menjadi topik pembicaraan minggu ini. Pertama, ia tak akan dibawa ke Piala Asia U-20 2023. Kedua, ia akan segera melakukan debutnya dengan tim barunya.

Sebagaimana diketahui, Marselino hijrah dari Persebaya ke klub Belgia KMSK Deinze pada Januari lalu. Bersamaan dengan itu, PSSI dan Shin Tae-yong telah memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala Asia U-20 2023.

Akan tetapi, dikarenakan sang pemain baru saja mengikat kontrak baru, maka otomatis ia tak serta merta bisa meninggalkan klub barunya itu. Alhasil, sejak pemusatan latihan dilakukan pada 1 Pebruari kemarin, Marselino Ferdinan selalu absen.

Bahkan, ia juga absen di empat laga uji coba yakni melawan Persija Youth, Timnas Fiji U-20, Timnas Selandia Baru U-20, dan Timnas Guatemala U-20. Dalam empat laga itu, gelandang serang Timnas Indonesia tak pernah hadir. Absennya sang pemain disinyalir karena dalam waktu dekat ini, ia akan melakukan debutnya dengan KMSK Deinze.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Jadi, berhubung surat izin kerja Marselino sudah rampung, maka ia sudah bisa dimainkan oleh klub barunya. Terdekat, Marselino direncanakan akan tampil di babak play off relegation group melawan Jong Genk di Burgemeester Van de Wielestadion. Laga tersebut akan dilangsungkan pada pekan ini 25 Pebruari 2023.

Debut sang pemain sudah dikonfirmasi oleh Direktur Olahraga KMSK Deinze Adrian Esparagga.

“Ya [Marselino] akan debut lawan Jonk Genk],” ujar Adrian Esparagga.

Untuk diketahui, babak play off relegation group merupakan pertandingan kedua pasca musim reguler. Sebab sebagaimana diketahui, tim kasta kedua berjumlah 12 tim. Setelah habis musim reguler, maka 12 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup.

Grup pertama terdiri dari peringkat 1 sampai 6 di musim reguler. Mereka akan saling berhadapan lagi untuk memperebutkan tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Belgia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun grup kedua yang terdiri dari peringkat 7 sampai 12 di musim reguler, mereka akan dipertemukan lagi dalam babak relegation group. Di sini lah tim Marselino Ferdinan KMSK akan bermain. Sebab di musim reguler kemarin, KMSK Deinze hanya finis di peringkat ke-8. Dengan demikian, Marselino Ferdinan dkk akan berjuang kembali untuk mempertahankan posisi mereka di Challenger Pro League musim depan.

Dan dengan dipastikannya Marselino debut pada minggu ini, maka dipastikan pula ia tidak akan dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia U-20 2023. Sebab tak mungkin baginya untuk bermain di dua even sekaligus – yang jaraknya amat jauh berbeda. Meski demikian, Shin memastikan kalau pemain andalannya itu bisa digunakan di 2023.

“Marselino tak akan ikut ke Uzbekistan (tuan rumah Piala Asia U-20 2023). Jadi, tanggal 8 April KMSK Deinze akan bermain. Tanggal 9 April dia baru akan bergabung Timnas U-20 sampai selesai Piala Dunia U-20 2023,” kata Shin Tae-yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

19 Comments