Timnas Indonesia

Alotnya Progres Naturalisasi Justin Hubner Tak Berefek pada Ivar Jenner dan Rafael Struick



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi Justin Hubner yang kini mandek tidak akan berimbas kepada proses dua pemain lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Sebagaimana diketahui, demi mengarungi 2023, PSSI sejak tahun lalu gencar bertemu dengan beberapa pemain keturunan. Adapula yang sengaja didatangkan ke Indonesia hanya untuk mengikuti pemusatan latihan dan dinilai langsung oleh Shin Tae-yong.

Setelah serangkaian penilaian tersebut, Shin Tae-yong lewat PSSI telah mengumumkan tiga pemain muda keturunan yang mendapatkan hak untuk dinaturalisasi. Mereka adalah Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner.

Ketiga pemain tersebut sejak tahun lalu sudah memulai proses naturalisasi tersebut. Namun proses naturalisasi baru bisa dilanjutkan lagi pada Senin 20 Maret kemarin. Proses tersebut adalah persetujuan dari anggota DPR RI Komisi III dan X yang dilakukan lewat sidang dan disetujui oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Namun sayangnya, satu dari tiga pemain tersebut tampaknya belum memiliki kejelasan. Adalah Justin Hubner, bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu juga mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda U-20. Bahkan, saat ini Justin sedang berada di Spanyol untuk mengikuti TC dengan tim muda Belanda. Dijadwalkan, Timnas Belanda U-20 dan Timnas Prancis U-20 akan duel dalam sebuah laga uji coba.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terpanggilnya sang pemain (ke Timnas Belanda) disinyalir membuat hati Justin menjadi goyah. Awalnya ia bangga dengan pemanggilan dari . Namun karena baru-baru ini performanya (di klub) membuat Timnas Belanda kepincut, ia tampak condong untuk membela Timnas Belanda lantas membatalkan proses naturalisasi tersebut. Meksipun sang pemain belum pernah mengucapkan pembatalan tersebut, namun diduga ia lebih ingin membela Timnas Belanda U-20.

Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran bagi PSSI dan Timnas Indonesia. Pasalnya, Piala Dunia U-20 semakin dekat sedangkan satu pemain yang diharap-harapkan tampil justru terancam berbelok. Terlebih dengan fakta sekarang ini bahwa sang pemain lebih memilih membela Timnas Belanda daripada mengikuti TC dengan skuad Garuda.

Saat ini, PSSI lewat eks anggota Exco Hasani Abdulgani sedang melakukan negosiasi dengan pihak Justin. PSSI ingin memastikan bahwa pilihan Justin seperti apa. Apakah ia akan berbelok ke Timnas Belanda atau melanjutkan proses naturalisasi tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun untungnya, carut marut proses naturalisasi Justin Hubner ini tak berdampak pada dua rekannya yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner. Kedua pemain yang berposisi sebagai gelandang dan striker itu dipastikan akan tetap melanjutkan proses naturalisasi-nya. Hal itu juga disampaikan oleh Hasani Abdulgani baru-baru ini.

“Aman (untuk Rafael Struick dan Ivar Jenner). Alhamdulillah,” kata Hasani.

“Justin Hubner, ya ini adu-adu nego,” tutur Hasani Abdulgani yang saat ini membantu PSSI untuk bernegosiasi,” ujarnya menambahkan.

“Kecuali dia bilang gini, ‘saya tidak mau lagi mau di timnas', itu kami enak, jawabnya. Ini kan masih ada peluang. Peluang ini butuh kesabaran,” pungkas mantan anggota Exco PSSI era Mochamad Iriawan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment