Piala AFF

5 Timnas Termahal di Piala AFF 2022, Indonesia Tembus 110 Miliar Rupiah!



NOBARTV NEWS – Seluruh tim telah memainkan pertandingan pertamanya di 2022. Beberapa di antaranya bahkan sudah memainkan lebih dari satu laga. Di antara 10 kontestan tersebut, tim nasional mana yang memiliki harga skuad termahal? Berikut ulasannya!

Di kemarin, Timnas Inggris menjadi tim termahal. Namun sayang, di kompetensi paling elit seantero dunia itu, The Three Lions terhenti di babak perempatfinal atas Timnas Prancis. Hal ini menunjukkan bahwa harga pemain bukanlah faktor utama sebuah tim bisa melaju kencang dalam sebuah kompetisi.

Nah, bagaimana dengan Piala AFF 2022? Berikut daftar 5 tim nasional termahal Piala AFF 2022!

1. Timnas Vietnam (111,68 miliar rupiah)

Skuad asuhan Park Hang-seo menjadi tim termahal yang turut serta di Piala AFF 2022 ini. Sebetulnya, harga pasaran untuk setiap pemain Vietnam hampir sama. Rata-rata berkisar antara 3 sampai 6 miliar rupiah.

Hanya saja, dari 23 pemain yang dibawa Park ke Piala AFF ini, ada dua pemain yang memiliki harga pasaran hampir 7 miliar rupiah. Seperti gelandang tengah Hoang Duc Nguyen dan Quang Hai Nguyen. Kedua pemain tersebut memiliki harga pasaran sama yakni 6,95 miliar rupiah.

2. Timnas Indonesia (110,37 miliar rupiah)

Di posisi kedua, ada . Tim yang baru saja memenangi laga perdananya di Piala AFF 2022 ini memiliki harga skuad 110,37 atau berbeda sekitar 1 miliar dari Timnas Vietnam.

Namun untuk harga pemain, Jordi Amat menjadi pemain termahal dari skuad asuhan Shin Tae-yong ini. Harga bek tengah Johor Darul Takzim itu mencapai angka 17,38 miliar rupiah. Disusul Marc Klok dengan 7,82 miliar, lalu disusul dengan beberapa pemain abroad seperti Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Pratama Arhan.

3. Timnas Thailand (104,29 miliar rupiah)

Harga skuad juara bertahan Timnas Thailand cukup jauh dibandingkan Indonesia dan Vietnam.

Bek sayap Theerathon Bunmathan menjadi pemain termahal dalam skuad asuhan Mano Polking ini. Bek milik Buriram United ini bernilai 10,43 miliar rupiah. Disusul Sarach Yooyen dan Kritsada Kaman yang memiliki harga pasaran masing-masing 6,95 miliar rupiah.

4. Timnas Malaysia (69,96 miliar rupiah)

Negara tetangga Malaysia menduduki peringkat keempat sebagai timnas dengan skuad termahal Piala AFF 2022. Rata-rata, harga pasaran anak asuh Kim Pan-gon ini berada pada angka 3 miliar rupiah.

Hanya satu pemain Timnas Malaysia yang memiliki harga di atas 5 miliar rupiah. Adalah Faisal Halim, top skor sementara Piala AFF 2022 itu memiliki harga 5,21 miliar rupiah.

5. Timnas Myanmar (57,36 miliar rupiah)

Tim berjuluk Asian Lions ini menjadi tim ke-lima dengan harga pasaran termahal Piala AFF 2022. Menariknya, tak satupun pemain Myanmar yang memiliki harga pasaran mencapai 4 miliar rupiah. Pemain termahal Timnas Myanmar diisi oleh Nanda Kyaw. Nanda Kyaw merupakan winger Shan United. Harga pasarannya berada pada angka 3,91 miliar rupiah.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

92 Comments