Timnas Indonesia

Pernah Berlatih di Tim Liga 3 Hungaria, Iqbal Gwijangge Siap Turun di Piala Dunia U-17



NOBARTV NEWS – Pengalamannya berlatih di salah satu tim Liga 3 Hungaria membuat Iqbal Gwijangge berhasrat untuk tampil di 2023.

Seperti yang diketahui, Iqbal Gwijangge merupakan salah satu bek menjanjikan yang dimiliki Indonesia. Tahun lalu, pemain yang bertugas sebagai kapten itu membawa skuad Garuda Asia (julukan Timnas U-16/U-17) sebagai juara U-16 2022. Tapi sayangnya, di even berikutnya, Iqbal gagal membawa ke Piala Asia U-17 2023. Hal itu lantaran di laga pamungkas melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17, Iqbal tidak bisa bermain karena tengah dilanda cedera.

Tak butuh waktu lama sejak kekecewaan pasca gagal membawa Timnas Indonesia ke even Piala Asia U-17, Iqbal mendapatkan kesempatan emas untuk melakukan latihan di Hungaria. Ya, di menjadi salah satu pesepakbola muda Indonesia yang berkesempatan berlatih di Puskas Akademia FC selama enam bulan.

Iqbal dan salah satu rekannya melakukan latihan di negara Eropa tersebut selama enam bulan. Latihan tersebut terhitung sejak awal Januari 2023 dan berakhir pada Juni kemarin. Kini, Iqbal sudah kembali ke tanah air dan menceritakan pengalamannya menimba ilmu di salah satu akademi sepakbola terbaik di Hungaria itu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Jadi, setiap kelompok umur itu ada 16 pemain. Misalnya ada pemain yang bagus, yang meningkat, top perform, dia bisa naik ke U-19,” buka Iqbal.

“Begitu pun yang U-19 bisa naik ke tim atas, ada tim Liga 3, Liga 2, sampai tim Liga 1, jadi bisa naik terus,” lanjut pesepakbola asal Jawa Barat tersebut.

Menariknya, Iqbal pernah mendapatkan kesempatan untuk berlatih dengan tim Liga 3. Sama seperti yang ia sebutkan di atas, Iqbal menjalani top perform dari kelompok umur U-16, berlanjut ke U-19, dan pada akhirnya mengikuti latihan bersama tim seniornya di Liga 3 Hungaria.

“Waktu itu saya sempat naik ke tim Liga 3. Dari tim U-17 ke U-19, lalu ke Liga 3, saya dikasih kesempatan dan bisa mendapat pengalaman baru,” katanya lagi.

Iqbal lantas menceritakan momen di mana ia gagal membawa Timnas Indonesia mentas di Piala Asia U-17 beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Pasti ada penyesalan, padahal tinggal satu langkah lagi kita bisa lolos ke Piala Asia, tapi mungkin bukan rezekinya. Bagi saya, kalau bukan rezeki, mungkin Allah ada rencana yang lebih baik lagi, dan hal itu saya jadikan pelajaran juga,” ceritanya.

Selain itu, Iqbal juga mengungkapkan perasaannya andai ia terpilih ke skuad Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 nanti. Katanya, ia akan memberikan persiapan dan penampilan yang terbaik di setiap latihan. Bahkan, ia akan mengerahkan 100 persen kekuatannya di even tersebut nanti.

“Bukan buat saya saja, tapi seluruh pemain juga jadikan pelajaran. Apa kurangnya kita, dan semoga itu bisa kita tambah, improve, seiring dengan persiapan menuju Piala Dunia U-17.”

“Jika saya terpanggil ke timnas Indonesia U-17, saya akan memberikan yang terbaik, setiap latihan, setiap pertandingan, bisa memberikan seratus persen.”

“Sekarang tinggal menyiapkan pemain secara mental dan pikiran mereka agar bisa membawa Indonesia lebih besar lagi, lebih jauh lagi di Piala Dunia,” pungkas bek muda Barito Putera itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment