Timnas Indonesia

Ricky Kambuaya, Nyawa Lini Tengah Indonesia yang Jarang Dibicarakan



Ricky Kambuaya, Nyawa Lini Tengah Indonesia yang Jarang Dibicarakan
Ricky Kambuaya saat berseragam Persebaya Surabaya

NOBAR TV NEWS – sukses mengalahkan Timnas Timor Leste untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Timnas Indonesia menang dengan skor cukup meyakinkan, 3 – 0. Salah satu gol dicetak oleh pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya.

Siapa Ricky Kambuaya?

Kambuaya saat ini terdaftar sebagai pemain Persebaya Surabaya. Sebelumnya, pemain kelahiran Sorong 5 Mei 1996 itu pernah membela PS Mojokerto Putra dan PSS Sleman. Hanya satu musim bermain untuk klub yang berdomisili di Kabupaten Sleman, Persebaya Surabaya kepincut hingga kemudian ia berlabuh ke klub Jawa Timur tersebut. Hasilnya? Ia menjadi langganan baik Timnas Indonesia maupun klub yang dibelanya.

Ketika orang-orang lebih sering menyebut nama Arhan Pratama, Dewangga, Egy Maulana atau beberapa nama lainnya, Ricky Kambuaya nyaris tidak terdengar namanya. Padahal, pemain yang selalu menjadi pilihan Shin Tae-Yong ini justru memiliki nilai vital pada laga-laga yang dijalankan Timnas Indonesia. Kambuaya selalu bermain tenang. Sangat jarang untuk kita menyaksikannya dalam keadaan tergesa-gesa.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Setiap kali menggiring bola, seolah-olah kedua kaki Kambuaya sudah terkoneksi dengan si kulit bundar. Ia menggiring seperti orang berjalan namun penuh dengan perhitungan. Ia melewati lawannya seolah bola tidak berada di kakinya. Pergerakan santai seolah ia tidak sedang menekan lawan. Akan tetapi, ketika ia sudah memberikan umpan atau melepaskan tembakan, semua orang berdecak kagum seolah tadi tidak terjadi apa-apa.

Begitupun yang kita saksikan pada dua laga yang dijalani Timnas Indonesia kontra Timor Leste. Ricky Kambuaya sempurna. Orang-orang jarang membicarakannya, tapi kontribusinya untuk tim benar-benar maksimal.

Ricky Kambuaya berkontribusi dalam dua laga FIFA Matchday tersebut. Pada pertemuan pertama, Kambuaya memberikan satu gol untuk Timnas Indonesia. Gol tersebut menjadi pelecut semangat Timnas Indonesia sehingga mampu mengembalikan keadaan.

Pada laga semalam, ia turut mencetak gol ditambah satu assist untuk gol pertama Timnas Indonesia. Memberikan umpan terobosan datar, Terens Puhiri sukses mencungkil bola dengan tenang.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Gol penutup yang kemudian dicetak Kambuaya membuat Shin Tae-Yong memberikan applaus kepadanya. Gol penutup yang benar-benar berkelas. Ia menyonteknya dengan benar-benar pelan namun akurat. Menggambarkan bagaimana penampilannya di lapangan. Kambuaya keluar sebagai man of the match pada laga tersebut.

Semoga penampilan Ricky Kambuaya selalu konsisten hingga kemudian hari. Sehingga lini tengah Indonesia menjadi lebih terkendali dan tentunya mengalir dari satu kaki ke kaki.

We love you, Ricky Kambuaya!

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid