Timnas Indonesia

PSSI Sediakan Pesawat Carter untuk Tim-tim Kualifikasi Piala Asia U-23



NOBARTV NEWS U-23 akan menjadi tuan rumah untuk Grup K Kualifikasi 2024. Untuk menunjang perhelatan tersebut, PSSI menyiapkan pesawat carter untuk seluruh kontestan – termasuk tim tamu.

Sebagaimana diketahui, pada tahun depan, selain Piala Asia 2023 (dilaksanakan tahun 2024), juga akan digelar even serupa yakni Piala Asia U-23 2024. Di Piala Asia 2023, Marc Klok dkk sudah memastikan diri untuk berlaga di even tersebut sejak tahun 2022 kemarin. Jadi, di , skuad Garuda tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait, Nepal, dan Yordania. Di babak akhir, Timnas Indonesia finis di posisi kedua dengan mengantongi enam poin. Meskipun saat itu skuad Garuda berada di posisi kedua, namun mereka berhak melaju ke Piala Asia 2023 dengan statusnya sebagai salah satu runner-up terbaik.

Adapun untuk kelompok umur yang lebih muda yakni Timnas Indonesia U-23, mereka juga akan bertarung di babak kualifikasi sebelum berangkat ke Piala Asia U-23 2024 nanti. Berbeda dengan tim senior yang harus terbang dan bermain sebagai tim tamu, di babak Kualifikasi Piala Asia U-23, skuad Garuda akan bermain sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dan kemarin, dalam drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 yang dilakukan AFC, Timnas Indonesia U-23 resmi tergabung di grup K. Grup K menjadi satu-satunya grup yang hanya berisikan 3 tim saja. Sementara itu, dari grup A sampai J masing-masing diisi oleh empat kontestan. Timnas Indonesia U-23 sendiri akan bertarung di grup K tersebut melawan Timnas Turkmenistan dan China Taipei. Juara grup di babak kualifikasi nanti secara otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang akan digelar di Qatar.

Federasi sepakbola Indonesia atau PSSI sendiri telah menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue babak kualifikasi tersebut. Seluruh pertandingan yang mempertemukan tiga tim tersebut akan dimainkan di stadion yang berada di Provinsi Jawa Tengah itu. Serta untuk menunjang perhelatan tersebut, PSSI rencananya akan memberikan fasilitas berupa pesawat carter bagi skuad Garuda dan juga tim tamu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Memang nanti tim tamu itu akan mendaratnya di Jakarta, nanti ada charter flight untuk diterbangkan ke Solo. Ada catatan dari AFC itu,” terang Erick Thohir dalam sesi konferensi pers Minggu kemarin.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Stadion Manahan Solo, Erick yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu terlebih dahulu mengecek kondisinya. Barulah kemudian pihaknya mengumumkan terkait hal itu (penggunaan Manahan Solo) dalam sesi konferensi pers tersebut.

“Kita meyakinkan AFC kita bisa, ini [Stadion Manahan] sesuai standar FIFA. Makanya tadi sebelum press conference, saya cek dulu standar yang belum saya cek waktu dulu ke sini,” ujarnya menambahkan.

Erick berharap kesempatan yang diberikan PSSI kepada Solo dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebab kini, Solo sudah punya stadion berkapasitas internasional yang nantinya memungkinkan untuk menggelar pertandingan skala besar lainnya.

“Kesempatan yang luar biasa buat Kota Solo yg punya stadion standar internasional ini. Artinya pertandingan pertandingan internasional bisa dilakukan di Kota Solo,” pungkas eks Presiden Inter Milan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid