Timnas Indonesia

Berpeluang Satu Grup dengan Indonesia, Pengamat asal Vietnam Sebut Negaranya Lebih Diuntungkan



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola asal Vietnam Quang Huy menyebut negaranya mendapatkan keuntungan dengan berpeluang satu grup dengan di 2026 mendatang.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis 27 Juli kemarin, AFC telah melakukan Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Drawing tersebut dilakukan di markas mereka di Kuala Lumpur Malaysia pada siang waktu setempat.

Untuk Drawing Piala Dunia 2026 Zona Asia, AFC membaginya menjadi dua ronde. Ronde 1 diisi oleh 18 tim sedangkan Ronde 2 diikuti oleh 27 tim. 18 tim di Ronde 1 akan memperebutkan 9 tiket untuk melaju ke Ronde 2. Sementara itu, di Ronde 2, 27 tim kontestan tersebut sudah dibagi ke dalam 9 grup. Setiap grup sudah diisi oleh masing-masing tiga tim yang di mana setiap grup akan kembali diisi oleh satu tim lagi – sehingga nanti, setiap grup dihuni oleh 4 tim.

Satu grup yang akan menjadi pelengkap tersebut akan diambil dari Ronde 1. Adapun untuk Timnas Indonesia, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan memulai partai perdananya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia lewat Ronde 1 ini.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Di Ronde 1, Marc Anthony Klok dkk akan bertemu dengan Timnas Brunei Darussalam. Laga melawan Brunei Darussalam akan tersaji di dua tempat berbeda. Pertama, skuad Garuda akan menjadi tuan rumah pada 12 Oktober dan kedua, laga tersebut akan kembali digelar di markas Brunei Darussalam pada 17 Oktober atau beberapa hari sesudahnya.

Adapun pemenang untuk laga ini – nantinya ia akan bergabung dengan grup F Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di grup F tersebut telah diisi oleh tiga tim lainnya yakni Timnas Irak, Vietnam, dan Filipina.

Menariknya, dua calon lawan Timnas Indonesia (jika lolos dari Ronde 1) di grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga merupakan lawan mereka di Piala Asia 2023 mendatang. Ya, dalam Drawing Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam.

Oleh karena itu, ketika pengumuman Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut selesai dilakukan, berbagai komentar terkait hasilnya menjadi komentar beberapa tokoh sepakbola Asia. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengunggah hasil (drawing) tersebut di akun media sosialnya dengan memberikan caption minta dukungan dari segenap pecinta sepakbola Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Begitupula dengan tokoh sepakbola Asia Tenggara lainnya. Diketahui, salah satu pengamat sepakbola asal Vietnam Quang Huy  juga memaparkan pendapatnya (terkait hasil drawing). Kata Quang Huy, Timnas Indonesia diuntungkan dengan berada di grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Padahal, di grup F tersebut sudah ada Timnas Filipina, Irak, dan kemungkinan besar adalah Timnas Indonesia.

“Banyak orang langsung memikirkan babak kualifikasi kedua Piala Dunia sebelumnya. Kami lebih sulit saat itu karena menghadapi UEA, Thailand, Malaysia dan Indonesia,” kata Quang Huy.

Lebih lanjut, kata Quang Huy lagi, ia menyebut Filipina merupakan lawan mudah bagi Timnas Vietnam.

“Sekarang grup hanya memiliki 4 tim dan tidak ada Thailand. Filipina lawan yang mudah bagi timnas Vietnam. Irak dan sedikit Indonesia, grup ini mirip dengan terakhir kali tetapi kami akan lebih diuntungkan,” kata Quang Hay menambahkan.

“Irak, mereka masih di depan kita. Tempat kedua dalam tabel untuk timnas Vietnam mungkin. Kami tidak perlu bersaing untuk menjadi yang teratas dengan Irak,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid