Timnas Indonesia

Aturan Ketat Nova Arianto ala STY di Timnas U-17: Auto Coret Jika Terus Melanggar!



NOBARTV NEWS – Nova Arianto menerapkan aturan ketat kepada anak asuhnya di U-17. Ia tak segan-segan mencoret pemainnya jika terus-menerus melakukan pelanggaran. Hal ini sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-17 kini dipimpin oleh nahkoda baru yakni Nova Arianto. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-17 ini dipegang oleh Bima Sakti. Bima sempat memimpin skuad Garuda Asia di 2023 kemarin. Sayangnya, dalam ajang tersebut, Arkhan Kaka dkk terhenti di fase grup.

Beberapa bulan setelah Piala Dunia U-17 itu, PSSI akhirnya mengumumkan nama baru sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17. Adalah Nova Arianto, asisten pelatih Shin Tae-yong itu resmi ditunjuk dengan beberapa target pribadi yang diusungnya.

Beberapa waktu lalu, Nova menjelaskan target terkait anak asuhnya di skuad Timnas Indonesia U-17. Nova yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu menargetkan anak asuhnya lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

“Jujur, target belum ada dari PSSI. Tetapi, secara pribadi saya ingin lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-17. sebenarnya jadi persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 sehingga fokusnya ada di sana,” ujar Nova di tengah sesi latihan Timnas Indonesia U-17.

Aturan Ketat Nova Arianto ala STY di Timnas U-17: Auto Coret Jika Terus Melanggar!
Nova Arianto di tengah pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 (sumber: IG @timnas.indonesia)

Lebih lanjut, kata Nova lagi, ia juga membuka pintu kepada para pemain diaspora yang ingin memperkuat Timnas Indonesia U-17.

“Kemungkinan itu pasti selalu ada, dan saya bilang untuk menjadi tim nasional punya hak dan kewajiban, haknya adalah untuk semua pemain Indonesia yang punya paspor Indonesia, mereka punya hak untuk bermain bagi tim nasional,” ucapnya menambahkan.

“Kewajibannya adalah kalau kita memanggil mereka, mereka wajib membela tim nasional. Peluang itu sangat besar dan kita lagi mencari data-data pemain kita yang pastinya punya paspor Indonesia.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Selain itu, Nova juga menerapkan aturan yang cukup ketat untuk anak asuhnya. Aturan ketat tersebut sebelumnya sudah pernah diterapkan oleh Shin Tae-yong. Aturan tersebut meliputi jam makan hingga pemain yang harus rela handphone-nya dikumpulkan setiap malam.

“Ada aturan, salah satunya HP kami kumpulkan setiap malam pukul 21.30 WIB. Saya juga tekankan kepada mereka masalah kedisiplinan karena tadi ada pemain yang telat datang makan siang,” jelas Nova.

Jika terdapat pemain yang melakukan kesalahan alias lalai dengan aturan tersebut, Nova dengan tegas tak akan segan-segan untuk mencoret namanya.

“Itu tidak baik. Di usia muda kalau tidak disiplin itu susah. Jadi saya pastikan kalau dia melakukan lagi, bisa-bisa dia kami pulangkan,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *