Intermezzo

Tanggapi Isu Pungli dalam Seleksi Wasit Liga 1 dan 2, Erick Thohir: Kalau Ada, Saya Gigit!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir yakin tak ada pungli dalam proses seleksi wasit beberapa hari lalu. Kalaupun terbukti, Erick akan menggigit mereka sendiri.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, PSSI dibantu oleh JFA (Federasi Sepakbola Jepang) melakukan seleksi terhadap ratusan wasit sebelum dibukanya Liga 1 musim 2023-2024. Sebanyak 161 wasit yang diseleksi saat itu. Dalam proses penyeleksian itu, JFA mengutus dua instrukturnya yaitu Oshimi Ogawa (member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor and JFA Top Amateur Referees Manager).

Namun sayangnya, dari 161 wasit yang diseleksi, jumlah wasit yang lulus jauh dari kata setengahnya. Jadi, dari 161 wasit yang diseleksi, hanya 27 yang lolos. 18 dari 27 wasit yang lolos tersebut ditugaskan untuk memimpin pertandingan di Liga 1 dan sisanya untuk Liga 2.

Tapi sayangnya, beberapa hari pasca seleksi tersebut dilakukan, diduga bahwa terdapat pungli dalam salah satu proses seleksi yaitu ketika Video Test dan LOTG Test. Namun dengan tegas, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membantahnya. Ia bahkan mengancam jikalau terdapat pungli (pungutan liar) dalam proses seleksi itu, ia akan menggigit sendiri siapapun yang terlibat dalam rencana buruk itu. Erick yakin tak ada pungli karena proses seleksi itu diawasi langsung oleh dua instruktur profesional asal Jepang.

“Kalau ada, kasih saya. Nanti, saya gigit sendiri. Yang pasti, itu sudah ada pengawasan dari Jepang,” kata Erick Thohir.

Bahkan, kata Erick, saking profesionalnya para instruktur tersebut, ketika PSSI mengajak mereka untuk menyaksikan pertandingan Versus Argentina, mereka menolaknya. Kedua instruktur tersebut memiliki komitmen yang tinggi dengan tugas yang sudah diamanatkan JFA dan PSSI kepadanya.

“Saya rasa, wasit-wasit Jepang ini, mereka diajak nonton Argentina saja tidak mau karena tugas komitmen mereka belum selesai. Akan tetapi, kalau ada, kasih saya, biar saya gigit. Mumpung Komite Wasit nih,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Sebelumnya, Erick Thohir telah memastikan bahwa dirinya akan menjabat sebagai Komite Wasit PSSI. Jadi, selain bertugas sebagai Ketua Umum, Erick akan turun gunung dan memimpin langsung komite wasit. Hal itu dilakukan Erick demi mencegah intervensi dari berbagai pihak luar kepada kepengurusan PSSI.

“Komite wasitnya itu dipimpin saya sendiri. Supaya tidak ada intervensi. Nanti, komite-komite lain akan diumumkan. Kami lagi bicara satu dan lainnya,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment