Liga Negara UEFA

Hasil Pertandingan Spanyol vs Portugal, Liga Negara UEFA 2022/2023 Liga A Grup 2



Hasil Pertandingan Spanyol vs Portugal, Liga Negara UEFA 2022/2023
Hasil Pertandingan Spanyol vs Portugal, 2022/2023

NOBARTV NEWS – Pertandingan antara Spanyol vs Portugal dalam gelaran Liga Negara UEFA Liga A Grup 2, berlangsung di Stadion Benito Villamarin (Spanyol), pada Jumat 3 Juni 2022 dini hari WIB. Dalam pertandingan tersebut kedua tim berbagi angka imbang 1-1.

Dengan hasil tersebut Spanyol dan Portugal masing-masing menepati posisi dua dan tiga di klasemen Liga A Grup 2, mereka berada di bawah Republik Ceko yang pada pertandingan lainnya berhasil memetik kemenangan atas Swiss dengan skor tipis 2-1.

Gol Spanyol dalam pertandingan tersebut di cetak oleh Alvaro Morata (25'), Ricardo Horta kemudian membawa Portugal menyamakan kedudukan tepat pada menit (82'). Untuk detail jalannya pertandingan akan kami rangkum dalam kilasan berikut ini.

Babak Pertama Spanyol vs Portugal

Tampil sebagai tuan rumah Spanyol membuka laga dengan bermain terbuka, juru taktik Spanyol Luis Enrique menginstruksikan anak asuhnya untuk menguasai bola dan tampil mendominasi. Sementara itu Portugal nampak tampil tenang meladeni permainan tuan rumah di awal laga.

Peluang pertama Spanyol di dapat ketika laga memasuki menit ke-4, sayang tembakan pemain bertahan Spanyol Cesar Azpilicueta masih melebar tipis dari area gawang Portugal. Memasuki menit 18, giliran Portugal yang mengancam. Sayang, tembakan striker AC Milan Rafael Leao masih melayang di atas mistar gawang.

Terus memegang kendali permainan, Spanyol akhirnya mampu memecahkan kebuntuan ketika pertandingan memasuki menit 25. Berawal dari Umpan Pablo Sarabia ke area pertahanan Spanyol disambut dengan manis oleh ujung tombak Spanyol Alvaro Morata. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Unggul satu gol, Spanyol nampak makin percaya diri, bahkan mereka hampir menggandakan keunggulan pada menit 29. Beruntung, upaya Carlos Soler mampu di mentahkan penjaga gawang Portugal, Diogo Costa.

Setelah itu, Spanyol tidak mengendurkan serangan. Spanyol terus menggempur pertahanan Portugal. Namun sayang beberapa peluang yang mereka ciptakan belum berhasil di konversikan menjadi gol.

Portugal bukan tanpa perlawanan, tepat di menit 35, mereka merespon dengan melakukan serangan balik yang cukup berbahaya, kali ini melalui Andre Silva. Namun sayang, penyelesaian akhir yang kurang sempurna gagal berbuah gol.

Di sisa laga kedua tim bermain cukup berhati-hati, saling serang silih berganti di pertontonkan kedua tim, namun sayang hingga paruh pertama berakhir tak ada tambahan gol tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol membawa para pemain ke ruang ganti.

Babak Kedua Spanyol vs Portugal

Memasuki paruh kedua Spanyol terlihat masih mendominasi, tekanan terus mereka lakukan ke jantung pertahanan Portugal, insiden sempat terjadi ketika gelandang Portugal Bruno Fernandes diklaim melakukan handsball di kotak penalti. Namun sayang, penalti pada akhirnya tidak diberikan wasit.

Di menit 62, kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, masuk menggantikan Otavio. Perlahan Portugal mulai menemukan ritme permainan, masuknya pemain andalan mereka Cristiano Ronaldo merubah pola permainan anak-ank Portugal, jual beli serangan terus terjadi. Portugal yang pada babak pertama bermain menunggu kini mulai memberanikan diri keluar menyerang.

Melihat perubahan pola permainan Portugal, Spanyol berusaha mengimbangi dan balik mengancam melalui koordinasi Pablo Gavi dan Alvaro Morata di menit 64. Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil. Spanyol kembali mengancam pada menit 74. Hanya saja, tembakan Pablo Sarabia masih melebar.

Di sisa laga Portugal terus berusaha mengejar ketertinggalan, aksi Ronaldo di area serang Portugal kerap merepotkan barisan pertahanan tuan rumah, sayang pertahanan kokoh yang di bangun Spanyol membuat para pemain Portugal selalu menemui kebuntuan.

Akhirnya gol penyeimbang bagi Portugal lahir di menit 82'  melalui pemain pengganti mereka, Ricardo Horta, ia tampil menjadi pembeda kala aksinya mengubah skor menjadi 1-1. Tembakan volinya pada menit 82 menggetarkan gawang Unai Simon. Kedudukan berubah 1-1 kedua tim berbagi hasil imbang.

Lepas dari hasil imbang Portugal nampak bermain lebih hati-hati, alhasil tidak ada gol tambahan tercipta hingga laga berakhir. Kedua tim harus rela berbagi poin imbang di laga pembuka Liga A Grup 2.

Susunan Pemain Spanyol vs Portugal

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Diego Llorente, Pau Torres, Jordi Alba; Carlos Soler (Koke 63′), Sergio Busquets, Pablo Gaviria (Marcos Llorente 81′); Ferran Torres (Dani Olmo 63′), Alvaro Morata (Raul de Tomas 70′), Pablo Sarabia | Pelatih: Luis Enrique.

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Pepe, Danilo Pereira, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes (Matheus Nunes 81′), Joao Moutinho (Ruben Neves 46′), Otavio (Cristiano Ronaldo 62′); Rafael Leao (Ricardo Horta 72′), Andre Silva (Goncalo Guedes 62′), Bernardo Silva | Pelatih: Fernando Santos.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola