Timnas Indonesia

Jelang Duel dengan Vietnam, Jokowi Titip Pesan untuk Skuad Garuda, Salah Satunya Jangan Egois!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Melalui Menpora RI Zainudin Amali, Presiden RI Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada Marc Klok dkk jelang duel dengan Timnas Vietnam di leg pertama semifinal 2022. Salah satu pesan yang disampaikan oleh orang nomor satu di Indonesia itu adalah meminta agar punggawa skuad Garuda tidak egois ketika bermain.

Sore nanti, skuad akan menjamu tim kuat Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga tersebut bertajuk leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Usai menjamu Vietnam, tiga hari sesudahnya atau tanggal 9 Januari, giliran Indonesia akan dijamu oleh Vietnam. Skuad Garuda akan memainkan laga tandang di My Đình Stadium pada tanggal tersebut.

Kemarin, Menteri Pemuda dan Olahraga (disingkat Menpora) melakukan kunjungan ke sesi latihan Timnas Indonesia. Saat itu, Amali ditemani oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dalam kunjungannya itu, Amali menyampaikan pesan khusus yang diberikannya dari Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sang presiden menitip pesan kepada Egy Maulana Vikri dkk yang salah satunya meminta agar mereka tak mengedepankan ego ketika bertanding.

“Harapannya, dan ini sekaligus menjadi harapan bapak presiden [Jokowi] yang dititipkan kepada saya, besok anak-anak kita main fokus, kerja sama timnya bagus, dan tentu tidak ada keliatan ego perorangnya,” pesan Jokowi yang disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

“Nanti kita sampaikan juga kepada pemain, tetapi mereka akhirnya sudah menyadari juga. Tadi saya dapat informasi dari pak ketum PSSI, dari pelatih bahwa ada perubahan dari anak-anak kita,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta kepada para suporter untuk bersikap santun sebagai tuan rumah. Ia tak ingin kejadian yang menimpa skuad Thailand terjadi lagi kepada punggawa Vietnam. Sebab sebagaimana yang sudah lewat, bus Thailand sempat mendapatkan lemparan batu dari oknum suporter Timnas Indonesia ketika hendak menuju stadion GBK. Dalam beberapa foto dan video yang beredar, kaca bus retak.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Titipan pesan untuk suporter, berlakulah sebagai tuan rumah yang baik, karena itu mencerminkan perilaku kita. Kita adalah masyarakat yang santun, sangat menghargai tamu,” terang Amali lagi.

“Mohon suasana yang nonton sepak bola, bukan kegaduhan, apalagi membuat tim tamu kurang nyaman, kita akan tunjukkan bangsa yang santun, berkompetisi 90 menit di lapangan itu tidak boleh tercederai,” tukasnya.

Di dua laga kandang sebelumnya, ketika berjumpa Kamboja dan Thailand, Jokowi selalu menyempatkan diri untuk hadir di stadion. Dalam berbagai momen yang terekam, ia hadir bersama dengan Kapolri RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menpora RI Zainudin Amali, Ketum PSSI Mochamad Iriawan, dan pernah juga bersama Menkeu (Menteri Keuangan) Sri Mulyani.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments