Timnas Indonesia

Soal Skuad Timnas U-23 di Piala AFF U-23, STY Sudah Tahu Pemain yang Dilepas dan Ditahan Klubnya

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sekitar setengah bulan lagi, Shin Tae-yong akan memimpin U-23 dalam ajang U-23 2023 di Thailand. STY sendiri sudah tahu pemain yang bakal dilepas dan tidak oleh klubnya untuk berlaga di ajang tersebut.

Seperti yang diketahui, pada tahun ini, banyak sekali agenda penting yang diikuti oleh Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Setelah SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia juga akan mengikuti beberapa even lain seperti Asian Games 2022, 2026, Kualifikasi 2023, Piala AFF U-23 2023, 2023, hingga beberapa laga FIFA Matchday 2023.

Setelah sukses meraih medali emas di SEA Games 2023 kemarin, untuk ajang terdekat, skuad Timnas Indonesia akan turun di Piala AFF U-23 2023. Rencananya, even ini bakal digelar di Thailand pada 18 Agustus sampai 26 Agustus 2023. Untuk pelatih yang akan menahkodai, PSSI telah menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatihnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Akan tetapi, mengingat even ini tidak berstatus laga yang tercatat dalam kalender resmi FIFA, maka skuad Garuda diperkirakan tidak akan diperkuat banyak pemain bintangnya. Ya, Piala AFF U-23 memiliki status yang sama seperti SEA Games dan Asian Games. Oleh karena itu, ketika ada tim nasional yang memanggil pemainnya di klub, maka pihak klub berhak untuk tidak memberikan izinnya.

Dan yang lebih mirisnya lagi adalah, di tengah-tengah Piala AFF U-23 tersebut, kompetisi domestik yakni Liga 1 musim 2023-2024 juga sedang berjalan. Sehingga staf kepelatihan Timnas U-23 akan semakin sulit untuk menemukan komposisi pemain terbaiknya untuk ajang tersebut.

Akan tetapi, untuk ajang ini, PSSI sudah memberikan kepastian jikalau skuad Timnas Indonesia U-23 tidak akan diberikan target apapun. Dengan demikian, mereka bisa bermain plong tanpa harus ngotot seperti biasanya. PSSI sendiri memutuskan hal tersebut karena ada even lainnya yang memang harus dipersiapkan oleh Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Serta seperti yang disebutkan di awal tadi, walaupun Piala AFF U-23 ini tidak masuk kalender resmi FIFA, namun PSSI sendiri sudah tahu pemain mana yang akan diberikan izin dan tidak untuk gabung ke skuad Garuda. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir kemarin. Kata Erick, sang pelatih Shin Tae-yong juga sudah mengetahui akan hal ini.

“Soal pemain yang dipanggil, silakan ke Shin Tae-yong. Saya sendiri sudah tahu,” kata Erick Thohir.

“Tetapi Coach Shin yang berhak berbicara lebih detail. Coach Shin hari ini sudah tahu siapa pemain yang dilepas dan tidak dilepas oleh klub,” tutur Erick menambahkan.

Adapun terkait persiapannya yakni mengikuti pemusatan latihan (TC) sebelum even tersebut digelar, Erick menyebut Timnas Indonesia dan klub akan segera melakukan negosiasi.

“Soal kepastian TC nanti negoisasi antara klub dan timnas,” kata Erick memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid