Timnas Indonesia

Justin Hubner Dipanggil Timnas Belanda, Indra Sjafri: Tak Ada yang Perlu Dicemaskan!



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri meminta masyarakat Indonesia tak usah khawatir dengan panggilan Timnas Belanda U-20 kepada salah satu calon pemain naturalisasi Justin Hubner.

Sebagaimana diketahui, saat ini, PSSI dan Pemerintah RI tengah melakukan proses naturalisasi kepada tiga pemain keturunan yakni Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Ketiga pemain muda kelahiran Belanda itu diproyeksikan tampil untuk memperkuat di 2023.

Oleh sebab itu, proses naturalisasi tersebut haruslah rampung sebelum even tersebut digelar. Sebelumnya, PSSI juga sudah selesai menaturalisasi tiga pemain senior yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Untuk pemain senior tersebut, ke-tiganya diproyeksikan jadi WNI untuk tampil di Piala Asia 2023.

Kembali lagi kepada pemain muda tadi. Di saat proses naturalisasi tersebut belum rampung, salah satu di antara pemain tersebut yakni Justin Hubner mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda U-20 dalam sebuah laga uji coba. Penampilan impresif Justin Hubner sebagai bek tengah di klub Premier League 2 Wolverhampton Wanderers U-21 membuat KNVB meliriknya. Sebelumnya, Justin memang pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda U-19. Akan tetapi, pemanggilan tersebut tentu membuat suporter Timnas Indonesia cemas. Pasalnya, Justin bisa-bisa ogah menjadi WNI karena mendapatkan panggilan dari tim yang jelas-jelas lebih berkualitas dari segi apapun.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Adapun pemanggilan tersebut dilakukan KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) karena dalam waktu dekat ini, Timnas Belanda U-20 akan melawan Timnas Prancis U-20 dalam sebuah laga uji coba. Menariknya, ketika Justin membersamai skuad Garuda muda dalam TC di Eropa beberapa waktu lalu, Justin bermain penuh ketika Timnas Indonesia U-20 melawan Prancis U-20 di sebuah laga uji coba bertajuk Costa Calida Region de Murcia Football Week di Spanyol.

Mengenai pemanggilan tersebut, PSSI sudah angkat suara. Ketua umum PSSI Erick Thohir memastikan proses naturalisasi tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Sedangkan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, pria yang juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 itu meminta suporter tidak cemas. Ia berani menjamin kalau Justin Hubner akan tetap menjadi bagian dari skuad Garuda muda.

“Kalau sekarang kan saya pikir belum jadi WNI, asal dia masih tetap konsisten dan komitmen, ya tak ada yang perlu dicemaskan,” kata Indra Sjafri.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Kalau dia masih konsisten, masih oke, dia sudah datang ke Indonesia, dokumen-dokumen sudah ditandatangani semua. Proses menurut UU nomor 12 sudah kita laksanakan, sudah hampir selesai, jadi kalau saya sih enggak ada keraguan tentang itu,” ujarnya menambahkan.

“Kecuali kalau dia enggak merespons, enggak hadir ke Indonesia, mungkin kita belum yakin.”

“Tetapi dia sudah datang, dokumen pindah kewarganegaraan sudah ditandatangani. Itu menandakan dia sudah oke. Tidak usah khawatir,” pungkas mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 dan Bali United itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments