Timnas Indonesia

STY Buka Suara soal Durasi Kontrak Baru bersama Timnas Indonesia: Sedang dalam Pembicaraan, Tunggu Saja!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong berbicara mengenai kontrak barunya bersama . Katanya, perbaharuan kontrak tersebut sedang dibahas dan tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

Seperti yang diketahui, kontrak Shin Tae-yong sejatinya akan habis pada akhir tahun ini – tepatnya pada 31 Desember 2023. Namun sampai saat ini, Shin belum mendapatkan kepastian terkait masa kontraknya itu. Padahal, ia masih dipercaya untuk tampil sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan digelar tahun depan (2024) di Qatar.

Ya, awalnya, Shin datang ke Indonesia di awal-awal masa kepemimpinan Mochamad Iriawan. Kedatangan Shin Tae-yong kala itu tak lepas dari peran Ratu Tisha yang saat itu menjabat sebagai Sekjen PSSI. Kini, Tisha kembali ke PSSI dengan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum lewat Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar pada bulan Pebruari lalu.

Bersama Shin Tae-yong, penampilan Timnas Indonesia semakin bagus dari hari ke hari. Puncaknya adalah pada tahun lalu – yang di mana Iriawan sesumbar ingin memperpanjang kontraknya (STY) di hadapan media. Namun kata Shin kala itu kontrak belum layak untuk dibahas sebab masih jauh dari rencana.

Tapi, Iriawan kala itu begitu bersemangat untuk memperbaharui kontrak Shin karena Timnas Indonesia baru saja memenangkan pertandingan melawan Timnas Curacao. Meskipun demikian, Shin saat itu enggan mengomentari hal tersebut lebih lanjut. Hingga akhirnya, pecahlah tragedi Kanjuruhan dan KLB didesak untuk segera dilakukan secepat mungkin.

Iriawan yang berstatus sebagai Ketua Umum aktif memilih untuk tidak maju sebagai Calon ketum lagi. Akibatnya, hal tersebut pun berpengaruh terhadap nasib sang pelatih Shin Tae-yong. Banyak yang mengatakan kalau Shin Tae-yong tidak akan mendapatkan perpanjangan kontrak baru oleh PSSI begitu Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum. Namun tak sedikit juga yang percaya kalau Erick masih mempercayai Shin Tae-yong untuk membina skuad Garuda di masa mendatang.

Kedua pihak tersebut pun akhirnya melakukan pertemuan. Shin dan Erick sudah berbicara empat mata. Menurut media beberapa waktu lalu, Shin akan segera mendapatkan perpanjangan kontrak dengan beberapa persyaratan. Salah satunya adalah tergantung dengan hasil skuad Garuda di Piala Asia 2023 mendatang. Tapi, Piala Asia 2023 sendiri akan digelar pada tahun depan – yang di mana itu akan dilakukan ketika kontraknya sudah berakhir.

Sebagai jalan tengah, PSSI saat itu memberikan opsi kepada Shin untuk memberikannya perpanjangan kontrak sampai berakhirnya Piala Asia 2023. Dengan demikian, kontrak tersebut akan diberikan selama beberapa bulan saja.

Tapi, kontrak tersebut sepertinya akan berubah lagi. Pasalnya, dari keterangan yang disampaikan oleh Shin Tae-yong Senin kemarin, akan ada pengumuman terkait masa kontraknya. Berarti, kontrak selama beberapa bulan itu akan diganti dengan kontrak dengan durasi yang lebih lama dengan pengumuman resmi.

“Kalau tidak salah, hal itu akan diumumkan secara resmi,” kata Shin Tae-yong.

“Jadi sedang dalam pembicaraan juga dengan Pak Erick. Jadi tunggu aja,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid