Timnas Indonesia

STY Jelaskan Kondisi Jordi Amat yang Tak Kunjung Gabung di TC Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Jordi Amat belum tampak dalam pemusatan latihan di Turki. Akibatnya, publik bertanya-tanya terkait keadaan dan di mana tempat ia berada. Pada akhirnya, Shin Tae-yong angkat bicara terkait kondisi pemainnya itu.

Saat ini, skuad Garuda Indonesia sedang melakukan pemusatan latihan di Turki. Pemusatan latihan ini digelar dalam rangka mempersiapkan diri jelang tampil di even bergengsi yakni Piala Asia 2023.

Dalam even sepakbola paling bergengsi di benua Asia itu, skuad Garuda berada di grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Oleh karenanya, sebagai persiapan mereka jelang berduel dengan tim-tim kuat itu, digelar lah pemusatan latihan sekaligus melakoni persiapan lainnya dengan melakukan tiga laga uji coba. Rencananya, tiga uji coba tersebut adalah dengan melawan Timnas Libya dua kali serta berduel dengan Timnas Iran sebanyak satu kali.

Namun sayangnya, dari pemusatan latihan tersebut, beberapa pemain abroad belum bergabung seluruhnya. Mayoritas pemain abroad yang belum bergabung adalah mereka yang berkompetisi di benua Eropa. Sebut saja seperti Elkan Baggott, Ivar Jenner, Rafael Struick, hingga Sandy Walsh. Untuk nama-nama tersebut, mereka memang masih memiliki agenda bersama klubnya. Oleh karena itu, PSSI dan Shin Tae-yong memaklumi absennya mereka di hari-hari awal pemusatan latihan.

Akan tetapi, sesuatu yang agak janggal justru ditunjukkan oleh salah satu pemain abroad lainnya yakni Jordi Amat. Diketahui, Jordi bermain di Liga Malaysia bersama Johor Darul Takzim. Begitupun dengan pemain abroad lainnya yakni Saddil Ramdani yang merumput bersama Sabah FC. Untuk Saddil, eks pemain Persela Lamongan dan Bhayangkara FC itu sudah bergabung sejak hari pertama pemusatan latihan. Saddil sudah bergabung karena kompetisi sepakbola di Malaysia sudah berakhir. Namun tidak dengan Jordi Amat. Padahal, Jordi juga telah menyelesaikan seluruh pertandingannya bersama Johor Darul Takzim.

STY Jelaskan Kondisi Jordi Amat yang Tak Kunjung Gabung di TC Timnas Indonesia
Jordi Amat bersama Johor Darul Takzim

Akibatnya, banyak netizen terheran-heran dan mempertanyakan kondisi sang pemain. Bahkan, tak sedikit yang mempertanyakan nasionalisme Jordi karena tak kunjung bergabung dengan skuad Garuda yang lain. Setelah carut marut di media sosial terkait keadaan dan kondisi sang pemain beredar, sang pelatih Shin Tae-yong pun buka suara.

“Untuk Jordi, memang sebelumnya sudah izin ke saya untuk terapi di Spanyol, jadi selama liga berjalan di Malaysia kemarin dia ada cedera bahu, tetapi dengan ada cedera dia tanding terus, jadi untuk terapi itu, dia datang ke Spanyol. Kemungkinan besok dia akan bergabung,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

Tak hanya terkait Jordi Amat saja, namun pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga menjelaskan kondisi pemain abroad lainnya seperti Rafael Struick, Ivar Jenner, Sandy Walsh, hingga Justin Hubner.

“Kemudian untuk Rafael, Ivar dan Sandy, tanggal 28 Desember 2023 akan bergabung, sementara untuk sisanya seperti Elkan Baggott dan Justin Hubner bergabung di tanggal 1 dan 2 Januari 2024, sesuai aturan FIFA,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid