Timnas Indonesia

Indra Sjafri Targetkan Emas di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri bakal membesut di SEA Games 2023. Ia direncanakan untuk memulai pemusatan latihan pada bulan Maret depan. Terkait target, jelas Indra mengincar emas untuk turnamen multi olahraga tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indra ditunjuk oleh PSSI sebagai pengganti STY sebagai pelatih sementara. Ya, pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia U-19 itu hanya diminta menahkodai skuad Garuda Indonesia di even SEA Games saja. Sebab di waktu yang berdekatan, pelatih semula yakni Shin Tae-yong juga tengah disibukkan dengan persiapannya jelang 2023.

Jadwal pertandingan untuk SEA Games 2023 dan Piala Dunia U-20 memang tak berbenturan. Namun persiapan jelang dua even tersebut bisa dipastikan bertabrakan. Oleh sebab itu, Shin pun harus ikhlas melepas SEA Games demi even yang jauh lebih penting yaitu Piala Dunia U-20.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Indra bahkan sudah memiliki rencana untuk melakukan pemusatan latihan. Kabarnya, Indra akan memulai pemusatan latihan untuk Timnas U-22 pada minggu pertama bulan Maret. Setelah itu, di minggu kedua ia akan kembali memanggil beberapa pemain tambahan. Hingga pada akhirnya, pada bulan April itu, ia sudah mendapatkan pemain terbaik yang hanya butuh untuk dipoles saja.

Khusus di gelombang pertama atau minggu pertama Maret ini, Indra akan mengambil jebolan Liga 2. Mengingat kompetisi sedang dihentikan, Indra tidak akan memiliki masalah ketika memanggil mereka.

Kabarnya, ada 34 pemain yang akan dipanggil olehnya.

“Maksimal 34 pemain di gelombang pertama. Setelah itu, kami lihat di gelombang kedua, di Minggu kedua apakah akan memanggil pemain baru lagi,” kata Indra Sjafri.

“Nanti di 1 April itu baru benar-benar persiapan menuju ke SEA Games 2023,” ujarnya menambahkan.

Terkait target, Indra jelas mengincar emas. Terakhir kali Indra menukangi Timnas Indonesia adalah di SEA Games pada tahun 2019. Saat itu, Timnas Indonesia sukses mencapai final SEA Games 2019 di Filipina. Namun sayangnya, Timnas Indonesia takluk dari Timnas Vietnam di perebutan gelar. Mereka takluk setelah bertemu skuad The Golden Stars Warriors yang saat itu masih ditukangi oleh pelatih asal Korea Selatan Park Hang-seo.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Oleh sebab itu, Indra memasang target tersebut karena posisi kedua sudah pernah diraih olehnya sebelumnya. Jadi, hal yang wajar jika ia mengincar gelar juara di turnamen kali ini.

“Ya, target sudah berapa tahun selalu emas,” kata Indra.

“Yang pasti, saya sebagai pelatih untuk kedua kali ini diberi kesempatan, saya akan berupaya untuk bisa maksimal,” tambahnya.

“Tentu butuh dukungan dari klub dan semua. Saya menganggap kalau dilakukan bersama-sama, saya pikir hasilnya akan maksimal.”

“Saya janji kalau sukses, bukan kesuksesan saya sendiri, tetapi kita bersama,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

46 Comments