Timnas Indonesia

Segrup dengan Indonesia, Pelatih Jepang Incar Kemenangan Bersih di Grup D Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih Jepang Hajime Moriyasu mengincar kemenangan penuh di laga fase grup Piala Asia 2023. Dari tiga lawan yang akan dihadapi Jepang di fase grup tersebut, salah satunya adalah .

Tahun depan, Timnas Indonesia akan tampil di berbagai laga penting. Sebut saja seperti 2026 zona Asia ronde kedua hingga laga penting lainnya seperti Piala Asia 2023. Dari dua laga dengan tajuk berbeda tersebut, Piala Asia 2023 akan lebih dulu digelar.

Rencananya, even sepakbola terbesar di benua Asia itu akan dimulai pada bulan Januari 2024. Berarti – tepat pada bulan depan, Piala Asia 2023 resmi dibuka. Di ajang tersebut, Timnas Indonesia menjadi salah satu peserta yang bakal menunjukkan aksinya.

Diketahui, dalam ajang Piala Asia 2023 tersebut, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Di antara tim-tim segrup – bahkan secara keseluruhan kontestan, Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat paling bawah berdasarkan rangking FIFA. Sementara itu, Jepang yang tak lain adalah tim segrup Indonesia adalah tim dengan peringkat terbaik.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Oleh karenanya, sebelum laga melawan Jepang dan dua tim tersebut, sejak bulan Desember hingga Januari mendatang, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan melakukan pemusatan latihan di luar negeri. Tak hanya TC saja, namun Marc Klok dkk juga diagendakan untuk melakukan tiga laga uji sebelum tampil di Piala Asia 2023. Tiga uji tersebut adalah melawan Timnas Libya sebanyak dua kali di Antalya, Turki. Serta satu uji coba lainnya melawan Timnas Iran di Doha, Qatar.

Sementara itu, tim terkuat Jepang juga berencana untuk melakukan uji coba sebelum berlaga di even tersebut. Anak asuh Hajime Moriyasu dijadwalkan akan melawan Timnas Thailand yang diketahui merupakan tim asal Asia Tenggara seperti dua lawannya (Piala Asia 2023) Indonesia dan Vietnam. Untuk menghadapi tim berjuluk Gajah Perang itu, Hajime Moriyasu telah memanggil 23 nama yang di mana beberapa di antaranya merupakan pemain abroad di Eropa. Sebut saja seperti Takumi Minamino (AS Monaco), KonItakura (Borussia Monchengladbach), hingga Keito Nakamura (Reims).

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Segrup dengan Indonesia, Pelatih Jepang Incar Kemenangan Bersih di Grup D Piala Asia 2023
Salah satu punggawa Timnas Jepang di sebuah laga uji coba

Kemarin, dalam sebuah wawancaranya, Hajime Moriyasu menyebut kalau timnya mengincar kemenangan penuh di laga fase grup tersebut. Artinya, skuad Samurai Biru ingin menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan tatkala jumpa Vietnam, Irak, dan juga Timnas Indonesia.

“Dalam persiapan Piala Asia 2023, kami ingin meningkatkan individu dan pemahaman taktik,” terang Hajime Moriyasu dilansir dari laman resmi Federasi Sepakbola Jepang atau JFA.

“Supaya, kami bisa mengumpulkan kemenangan sejak pertandingan pertama Grup D. Selain mempersiapkan fisik dan taktik, saya ingin memastikan bahwa kami memiliki mentalitas untuk bermain dalam jangka waktu yang lama,” tambah pelatih berusia 55 tahun itu.

“Selain itu, juga mentalitas untuk mengatasi segala kesalahan sehingga kami bisa terus meningkatkan diri dalam setiap pertandingan,” pungkas Hajime Moriyasu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid