Timnas Indonesia

STY Waspadai Dua Tim Terbaik di Piala AFF U-19

TOPIK BERITA :


STY Waspadai Dua Tim Terbaik di Piala AFF U-19
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS U-19 akan tersaji kurang dari satu minggu lagi. Bertindak sebagai tuan rumah, U-19 akan berhadapan dengan Timnas Vietnam di laga perdananya.

Bukan perkara mudah bagi Ronaldo Kwateh dkk. Menjalani laga perdana, mereka dihadapkan dengan tim kuat di grup A. Namun, armada Shin Tae-Yong tidak boleh lengah. Berbagai persiapan telah dilakukannya. Salah duanya adalah dengan melakukan uji coba dengan klub kontestan Liga Indonesia yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC.

Dalam kedua laga uji coba tersebut, Timnas U-19 tidak pernah menang. Bahkan, mereka tidak pernah mencetak satu gol pun. Ketika berhadapan dengan Persija, Timnas U-19 ditahan imbang 0 – 0. Di laga melawan Bhayangkara FC, skuad asuhan Shin Tae-Yong itu takluk dengan skor tipis 1 – 0.

Meski demikian, Shin Tae-Yong tetap memberikan apresiasi kepada anak asuhnya. Terutama ketika mereka dikalahkan oleh Bhayangkara FC semalam. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku senang dengan performa anak asuhnya tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Sangat senang karena performa pemain lumayan,” papar Shin Tae-Yong usai laga.

“Memang baru saja memasuki training camp beberapa hari, ya tapi secara organisasi menjadi baik, jadi saya senang,” ujarnya menambahkan.

Shin Tae-Yong Waspadai Timnas Thailand dan Vietnam

Terkait peta persaingan di grup A Piala AFF U-19, Shin Tae-Yong mewaspadai dua tim terkuat yakni Thailand dan Vietnam. Baginya, jika sudah mengalahkan dua tim tersebut, maka peluang Ronaldo Kwateh dkk untuk merengkuh gelar terbuka lebar. Terakhir, Timnas U-19 meraih gelar Piala AFF U-19 yakni pada tahun 2013. Saat itu, Timnas U-19 dimotori oleh pemain muda fenomenal, Evan Dimas Darmono.

“Pastinya kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Jadi, lawan Vietnam dan Thailand harus fokus, tidak boleh lengah karena kedua tim terkuat di ASEAN,” papar Shin Tae-Yong.

Skuad Timnas U-19 diuntungkan berkat kehadiran dua wonderkid muda mereka yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Kedua pemain tersebut sama-sama pernah mencicipi caps bersama Timnas Indonesia. Bahkan, keduanya turut serta dalam ajang SEA Games 2021 – yang di mana Timnas Indonesia berhasil meraih perunggu usai mengandaskan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Pastinya (mereka) akan memberikan saran agar tim main lebih baik untuk melakukan mengorbankan diri dengan baik,” paparnya lagi.

Lebih lanjut, Shin Tae-Yong mengaku belum memutuskan siapa saja yang akan diikutsertakan dalam turnamen nanti. Namun yang pasti, dari 30 pemain yang telah dipanggil, 7 di antara mereka akan tersisih dari skuad Timnas U-19.

“Sampai saat belum tahu siapa yang akan dipilih. Mungkin tanggal 30 baru bisa ditentukan 23 pemain inti seperti apa,” tutup pelatih kelahiran Yeongdeok itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid