Timnas Indonesia

Ditawari Stadion Batakan sebagai Venue Piala AFF 2022, PSSI: Mau Ngga Mereka?

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI disarankan menggunakan Stadion Batakan sebagai venue 2022. Namun PSSI melalui Sekertaris Jenderal Yunus Nusi mengaku harus mendiskusikannya terlebih dahulu dan mempertanyakan kepada tamunya apakah mereka bersedia melakoni pertandingan di sana.

Sebagaimana diketahui, format Piala AFF 2022 sedikit berbeda dengan Piala AFF 2020. Di edisi sebelumnya, seluruh pertandingan fase grup hingga final dilangsungkan di satu tempat yaitu tim tuan rumah. Sedangkan di Piala AFF 2022 ini, format turnamen kembali seperti Piala AFF 2018 yaitu menggunakan format round robin.

Format round robin adalah setiap tim akan bermain sebagai tim tamu dan juga akan bermain sebagai tuan rumah. Mengingat setiap grup di Piala AFF 2022 diisi oleh lima tim, maka setiap timnya akan bermain sebagai tuan rumah sebanyak 2 kali dan 2 kali bermain sebagai tim tamu.

sendiri tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam. Dijadwalkan, skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan menjamu Thailand dan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno sedangkan di laga lainnya Marc Klok dkk akan menjadi tim tamu.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Namun sayang, Menpora RI Zainudin Amali menegaskan bahwa Stadion Gelora Bung Karno tidak boleh digunakan selama 2023 belum selesai dihelat. Jadi, SUGBK akan direnovasi untuk even terakbar sepak bola sedunia untuk pemain muda itu. SUGBK menjadi salah satu venue dari enam stadion yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia untuk even Piala Dunia U-20.

Maka daripada itu, PSSI pun harus mencari kandang lainnya yang berada di sekitar Jakarta untuk memudahkan akomodasi tim tamu. Namun, beberapa netizen justru menyarankan Stadion Batakan yang berlokasi di Kalimantan Timur sebagai venue Timnas Indonesia ketika menjamu Thailand dan Kamboja nanti.

Dan ternyata, PSSI merespon tawaran dari netizen tersebut. Bahkan Sekjen PSSI akan mempertimbangkannya. Namun PSSI akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan AFF selaku penyelenggara. Namun hal yang perlu diketahui adalah jarak antara Jakarta ke Balikpapan akan memakan waktu dua jam. Yang menjadi pertanyaannya adalah bersediakah Timnas Thailand dan Kamboja kembali melakukan penerbangan setibanya di Jakarta nanti?

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

“Kita akan konsultasi ke AFF dan peserta yang datang mau nggak mereka setelah dari sini (Jakarta) kemudian dua jam penerbangan ke sana, tentu akan diadakan pembicaraan lebih lanjut,” ujar Yunus Nusi.

Lebih lanjut, Yunus Nusi mengungkapkan akan segera mengumumkannya (venue Piala AFF 2022).

“Banyak opsi ya kita lihat saja nanti, yang jelas kita akan menyampaikan bila sudah pasti stadion mana yang digunakan,” lanjutnya,” ujarnya menambahkan.

PSSI direncakan akan mengumumkan stadion tuan rumah Indonesia pada 15 November mendatang.

“Rencananya tanggal 15 mudah-mudahan sudah dipastikan stadion mana,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments