Timnas Indonesia

Erick Thohir Ungkap Alasan Pilih Lagu Genre Dangdut untuk Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI menggandeng Wika Salim dalam peluncuran lagu resmi . Lagu bergenre dangdut itu akan diputar setiap kali Timnas Indonesia bermain di kandang. Erick Thohir mengungkapkan alasan pihaknya memilih lagu resmi ber-genre dangdut itu.

Seperti yang diketahui, beberapa hari lalu, sejak Selasa (26/9) hingga Rabu (27/9) kemarin, PSSI telah menggelar acara bernama PSSI Partner Summit 2023. Acara yang dilakukan di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan itu menghasilkan beberapa keputusan terkait hal-hal yang menyangkut dengan Timnas Indonesia.

Pertama, PSSI resmi mendapatkan sponsor dari belasan sumber untuk operasional Timnas Indonesia. Kata Erick, dana sponsor yang didapatkan PSSI berjumlah kurang lebih 250 miliar. Nantinya, dana itu akan digunakan sebagai kebutuhan operasional Timnas Indonesia, baik untuk tim senior, kelompok umur, dan juga Timnas wanita.

Segala bentuk pengeluaran dan pemasukan juga akan diaudit oleh PSSI dan publik mendapatkan kewenangan untuk mengaksesnya.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

“Kita tidak bisa terus menerus mengandalkan dana dari pemerintah. Harus ada kombinasi juga dari swasta. Total dana atau sponsor yang kita buatkan acara seremoni malam ini sekitar Rp 250 miliar,” terang Erick Thohir.

“Saat U-19 lalu dananya diambil dari sini (swasta/mitra), tak mungkin dari pemerintah terus, harus ada subsidi silang. Komitmen sponsor setahun, makanya kita buatkan acara ini untuk exposure. Semoga dana mitra ini berkesinambungan,” ucap Erick Thohir lagi.

“Transparansi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan dari para sponsor. Kami juga tidak ingin brand maupun merek yang sudah mendukung kemudian diasosiasikan dengan kekerasan. Tidak mungkin merek nya dengan pengaturan pertandingan.”

Kedua, PSSI dengan salah satu pedangdut nasional Wika Salim dalam acara tersebut juga resmi meluncurkan lagu resmi Timnas Indonesia. Lagu bergenre dangdut yang diberikan judul ‘Bersama Garuda' itu dinyanyikan saat itu juga oleh sang penyanyi. Adapun untuk video clipnya, PSSI akan merilisnya pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Terkait alasan memilih lagu ofisial dengan genre tersebut, Erick mengungkapkan alasan di balik keputusan itu.

“Kenapa tidak? Kan Gini Kita selalu bicara lagu Korea, bagus. Lagu Barat, bagus. Kenapa kita nggak punya kebanggaan sama lagu Indonesia,” kata Erick Thohir.

“Dan saya sudah buktikan beberapa kali, lagu dangdut ini bisa diterima di dunia. Kemarin waktu Asian Games, Via Vallen lagunya dangdut. Bahkan diterjemahkan di berbagai negara, ya kita harus dorong,” tambahnya.

“Karena kalau kita mau jadi negara besar, ya kita harus punya kultur kita juga. Sama di sepak bola, kalau kita lihat, kita ada metode Filanesia, segala. Di sepak bola pun ada kultur. Nah, jadi sama. Kita mendorong lagu dangdut buat internasional,” paparnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid