Timnas Indonesia

Begini Respons STY usai Dicandai Bakal Pakai Formasi 1-1-8 oleh Kapten Brunei



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memberikan respons usai disebut bakal menggunakan formasi 1-1-8 oleh kapten Brunei Darussalam di 2026 malam hari ini.

Seperti yang diketahui, pada malam hari, akan memainkan partai perdananya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama. Partai perdana ini juga disebut dengan leg pertama. Sebab usai laga ini digelar, skuad Garuda Indonesia akan melakukan lawatan ke kandang lawan pada 17 Oktober mendatang.

Tim yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia sendiri adalah Timnas Brunei Darussalam. Dalam drawing ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 beberapa waktu lalu, anak asuh Shin Tae-yong itu akan melawan tim sesama Asia Tenggara.

Laga untuk leg pertama malam nanti akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Adapun di leg kedua nanti, pertandingan tersebut akan kembali dimainkan di Stadion Hasanal Bolkiah, Brunei Darussalam.

Selayaknya pertandingan sepakbola pada umumnya, sebelum laga dimainkan, satu hari sebelumnya kedua tim melakukan sesi konferensi pers. Biasanya, yang mengikuti sesi konferensi pers tersebut adalah pelatih kedua tim dan ditemani oleh salah satu pemainnya. Untuk sesi konferensi pers kemarin, Shin Tae-yong ditemani oleh sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar.

Menariknya, ketika tim lawan Brunei Darussalam melakukan konferensi pers terlebih dahulu, ada sebuah candaan yang dilakukan oleh kapten tim tamu. Adalah Hendra Azam Idris, kapten Timnas Brunei Darussalam itu melempar candaan dengan menyebut sang lawan (Indonesia) akan menggunakan formasi 1-1-8 ketika menghadapi timnya.

“Di pertemuan terakhir, wajar kami sulit mengalahkan Indonesia karena mereka main menyerang. Juga kami hanya bermain dengan 10 orang, sulit bagi kami mengimbangi mereka di laga itu,” kata Hendra Azam Rabu kemarin.

“Jadi mungkin besok mereka juga akan menyerang total, main dengan formasi 1-1-8. Jadi kami harus menumpuk pemain di lini pertahanan. Tapi sekarang situasi beda, kami main 11 v 11 sejak awal di laga, jadi saya optimistis bisa mengimbangi mereka,” ujarnya memungkasi.

Ternyata, candaan yang dilontarkan Hendra Azam tersebut mendapat respons dari Shin Tae-yong. Di sesi yang sama (konferensi pers), Shin menyebut kalau apa yang dikatakan oleh kapten Brunei itu adalah sebuah candaan. Walaupun demikian, ia akan mempersiapkan timnya dengan sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan tersebut.

“Saya kira itu bercanda. Tidak mungkin mereka melakukan hal itu. Tetapi, apapun itu, kita serius mempersiapkan diri dan target menang wajib di tangan,” katanya Shin Tae-yong.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid