Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Ini Absen Melawan Timor Leste? Simak Informasinya!

TOPIK BERITA :


Pemain Timnas Indonesia Ini Absen Melawan Timor Leste? Simak Informasinya!
Elkan Baggott resmi batal bergabung melawan Timor Leste.| Republika.co.id

NOBARTV NEWS dijadwalkan bermain melawan Timor Leste pada Januari tahun ini. Meskipun, untuk tanggal dan  jumlah pemain Timnas Indonesia mengalami perubahan.

Dimana sebelumnya, Timnas Indonesia pada pertandingan tersebut berjumlah 27 orang. Akan tetapi, kini yang resmi bermain hanya 26 orang. Hal ini karena satu pemain bernama Elkan Baggott resmi menyatakan tidak bisa ikut bergabung melawan Timor Leste di pertandingan nanti.

Profil Elkan Baggot

Elkan Baggott memiliki nama lengkap yaitu, Elkan Willian Tio Baggott. Dia lahir di  Bangkok, Thailand. Tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2002. Maka, jika dihitung tahun sekarang Elkan berusia 19 tahun dan 23 oktober nanti berusia 20 tahun.

Ia merupakan keturunan darah campuran. Dimana ayahnya yang bernama Roland berkebangsaan Negara Inggris sementara ibunya berkebangsaan Indonesia. Meskipun begitu, ia menghabiskan waktu masa kecilnya di Thailand.

Hingga akhirnya pada tahun 2008 keluarganya memutuskan untuk pindah ke Indonesia. Ia pun sempat bersekolah di British School Of Jakarta, tepatnya pada tahun 2008. Selain itu, ketika tinggal di Indonesia, ia tinggal di daerah kawasan Bintaro, Tangerang.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Akan tetapi, setelah beberapa tahun tinggal di Indonesia, Elkan Baggot dan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Inggris. Kepindahannya tersebut terjadi  tahun 2011. Hingga akhirnya ia berprofesi sebagai pemain sepak bola  profesional di Inggris.

Karir Di Dunia Sepak Bola

Elkan Baggot mendapatkan beasiswa selama dua tahun. Setelah bergabung dengan Ipsiwch Town pada tahun 2019. Kemudian ia melakukan pertandingan untuk klubnya pada tahun 2020, tepatnya pada tanggal 6  Januari.

Pertandingan ini menghasilkan kemenangan 2:0 di Piala EFL.  Kemudian pada tanggal 28 Januari 2021, ia menandatangani sebuah kontrak dengan Ipsiwch Town dengan durasi kontrak  2,5 tahun .

Meskipun sebenarnya tahun 2019, Elkan Baggott pun memutuskan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia dengan dalih keluarga. Sehingga Elkan pun mendapatkan KTP sejak 09 November 2021.

Elkan Baggot dapat dikatakan masih minim pengalaman, karena ia masih muda. Namun, kemampuan Elkan Baggot pun tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya ia telah menerima pendidikan selama dua tahun. Tepatnya sejak tahun 2017 sampai 2019.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Pendidikan tersebut dia raih dengan beasiswa di Ipswich Town. Ia pun turut serta dalam mempersembahkan gelar juara pada ajang Hospital Cup 2019. Dimana saat itu, ia dan timnya berhasil mengalahkan berbagai tim yang kuat.

Seperti MU ( Manchester United), Tottenham Hotspur, dan lain sebagainya. Kemudian pada laga final, tim Ipswich Town pun berhasil mendapatkan gelar juaranya. Hal ini diperoleh setelah membekuk Norwich City.

Alasan Tidak Ikut Bergabung Melawan Timor Leste

Ketika  Shin Tae-Yong menyatakan tidak akan memanggil pemain dari luar, termasuk Elakan Baggot. Tentu hal tersebut menarik perhatian publik mengenai kebenarannya. Hingga akhirnya, asisten Shin Tae-Yong pun membenarkan kabar tersebut.

Namun, belum ada alasan yang pasti mengapa hal tersebut terjadi. Akan tetapi, Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapakan, pihaknya harus melobi terlebih dahulu Ipswich Town. Sehingga, Elkan Baggot dapat dilepaskan untuk bermain di FIFA Matchday.

Meskipun begitu, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa pihaknya masih berkomunikasi dengan klub yang menaungi Elkan Baggot. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Elkan Baggot tidak bisa bergabung dengan Timnas Indonesia untuk melawan Timor Leste.

 

 

Resa Nopita Sari

Seorang copywriter dan content writer sejak tahun 2018. Selain itu, saya pun senang membaca, menulis, memasak, dan melihat pemandangan alam.