Timnas Indonesia

Akhirnya Terungkap! Berikut Profil Asisten Baru STY: Eks Bek Timnas Korsel dengan 11 Caps!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Teka-teki pengganti Dzenan Radoncic sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong terungkap sudah. Ia adalah Cho Byung-kuk. Cho merupakan eks pemain Timnas Korea Selatan dengan 11 caps dan berposisi sebagai seorang bek tengah.

Kepastian itu dikonfrimasi langsung oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Nama asisten baru Shin Tae-yong adalah Cho Byung-kuk,” ujar Indra Sjafri mengkonfirmasi.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan bahwa sang asisten baru telah berada di Turki guna menemani STY dan skuad U-20 yang tengah melakukan pemusatan latihan.

“Betul, dia sudah bergabung dengan timnas U-20 di Turki,” tambah Indra.

Diketahui sebelumnya, asisten pelatih Shin Tae-yong yakni Dzenan Radoncic memutuskan untuk resign dari pekerjaannya sebagai tangan kanan Shin Tae-yong. Alasan utama (resign) pria asal Montenegro itu cukup masuk akal. Ia ingin fokus merawat sang ibu yang tengah sakit. Atas dasar itulah, eks anak asuh Shin Tae-yong di klub Korea Seongnam Ilhwa itu mundur dari jabatannya.

Tidak sampai satu bulan, Dzenan memiliki pengganti. Kali ini, STY memilih eks pemain Timnas Korea Selatan sebagai suksesor Dzenan Radoncic. Selain kemampuan di bidang kepelatihan, Shin memiliki alasan khusus memercayakan mandat tersebut kepada pelatih senegaranya. Tak lain dan tak bukan tentu faktor bahasa.

Karir kepelatihan Cho Byung-kuk memang masih seumur jagung. Jabatan terakhir yang ia emban adalah sebagai pelatih South Coast Flame FC U-13. Klub tersebut merupakan klub asal Australia yang fokus dalam pembinaan usia dini. Menariknya, Cho Byung-kuk merupakan eks pemain di tim senior klub tersebut. Cho menangani tim muda tersebut sejak tahun lalu atau tepatnya 1 Oktober 2021.

Meski karir kepelatihannya baru sebentar, namun ketika masih aktif sebagai pemain, Cho Byung-kuk telah malang melintang di berbagai negara Asia. Tercatat, Cho telah membela beberapa klub yang berasal dari lima negara berbeda.

Di Korea Selatan, Cho Byung-kuk pernah membela Suwon Bluewings (01/02), Chunnam Dragons (04/05), Seongnam Ilhwa (05/06), Incheon United (15/16), Gyeongnam FC (16/17), dan Suwon FC (18/19).

Di negara tetangga Jepang, Cho Byung-kuk tercatat pernah membela dua klub berbeda yakni Vegalta Sendai (10/11) dan Jubilo Iwata (11/12). Ia juga sempat mencicipi kasta tertinggi Liga China dengan membela SH Greenland pada musim 2013/2014.

Bahkan, Cho Byung-kuk sempat singgah di dengan membela Chonburi FC pada awal tahun 2015 lalu.

South Coast United SC menjadi klub terakhir yang pernah ia bela sebelum memutuskan pensiun dan mengabdi di sana.

Yang paling menarik, Cho Byung-kuk merupakan mantan anak buah STY ketika ia bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma di kasta tertinggi Selatan atau lebih dikenal dengan sebutan K League 1.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid