Timnas Indonesia

Gaston Edul: Timnas Indonesia Dikenal di Argentina Karena Shin Tae-yong

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sebuah fakta menarik diungkapkan oleh jurnalis asal Argentina Gaston Edul. Gaston menyebut cukup dikenal di Argentina karena faktor sang pelatih Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Timnas Argentina datang ke Indonesia guna memainkan satu laga bertajuk FIFA Matchday. Sebelumnya, di bulan yang sama (Juni), skuad La Albiceleste terbang ke China guna memainkan satu laga lainnya melawan Timnas Australia.

Bertempat di Workers Stadium, Beijing China, Lionel Messi dkk sukses mengalahkan Timnas Australia dengan skor akhir 2-0. Salah satu dari dua gol tersebut dikemas oleh sang mega bintang sekaligus kapten Timnas Argentina Lionel Messi.

Sayangnya, ketika skuad La Albiceleste terbang ke Indonesia guna melawan tuan rumah skuad Garuda, Lionel Messi tak ikut serta. Ia serta dua pemain senior Argentina Angel di Maria dan Nicolas Otamendi tidak ikut karena diminta langsung oleh sang pelatih Lionel Scaloni untuk pulang lebih awal. Ya, ketiganya diminta untuk menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga sementara pemain Argentina lainnya diminta untuk tetap terbang ke Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hingga pada akhirnya, laga antara Timnas Argentina tanpa kehadiran Lionel Messi versus skuad Timnas Indonesia pun terlaksana. Laga antara dua tim beda bedua itu tersaji pada 19 Juni kemarin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Di laga ini, skuad Argentina sukses membungkam tuan rumah Indonesia dua gol tanpa balas.

Dua gol tersebut salah satunya dilesakkan oleh gelandang milik klub Serie-A Juventus Leandro Paredes. Parades mencetak gol lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Si kulit bundar tak mampu dibendung oleh kiper Timnas Indonesia Ernando Ari. Adapun gol kedua dari anak asuh Lionel Scaloni itu kembali tercipta di babak kedua. Bek tengah milik Tottenham Hotspur Cristian Romero sukses menanduk bola – yang lagi-lagi gagal dijangkau Ernando Ari.

Walaupun dibobol dua gol, namun skuad Garuda mampu memberikan perlawanan. Beberapa kali, anak asuh Shin Tae-yong itu membuat lini bertahan sang lawan kerepotan. Intinya, di laga ini anak asuh Shin Tae-yong itu tidak tampil memalukan bahkan terkesan cukup baik mengingat lawannya adalah juara dunia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Berkat pertandingan tersebut, Timnas Indonesia makin dikenal oleh dunia sepakbola. Bahkan, kata jurnalis asal Argentina Gaston Edul, Timnas Indonesia cukup dikenal di negaranya. Gaston menyebut faktor sang pelatih Shin Tae-yong membuat Indonesia begitu dikenal di Argentina.

“Di Argentina kita tahu bahwa tim Indonesia punya formasi yang lebih baik, lebih bekerja keras dan lebih tangguh berkat pelatih mereka, seorang pelatih asal Korea (STY),” kata Gaston Edul dalam wawancara terbarunya.

“Tim Nasional Argentina juga mengakui dan menghormatinya (STY) karena saya pikir dia memberi Indonesia strategi dan taktik yang tidak mereka miliki sebelumnya,” tutup sang jurnalis.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment